Resep Membuat Tahu Campur Khas Salatiga

Salatiga adalah sebuah kota yang ada di provinsi Jawa Tengah, dimana kota ini terletak pada 49 km sebelah selatan Kota Semarang dan 52 km sebelah utara Kota Surakarta. Kota ini adalah sebuah kota kecil yang memiliki udara yang sejuk dan suasana yang damai, selain itu juga menyimpan banyak kuliner yang lezat khas daerah setempat. Salah satu kuliner tersebut adalah apa yang dinamakan dengan tahu campur, yaitu sebuah makanan khas salatiga yang bisa anda coba jika anda sedang berkunjung dikota tersebut.

Kuliner tersebut sesuai dengan namanya terbuat dari tahu yang digoreng, dan dipadukan dengan beberapa jenis sayuran dan lontong yang kemudian disiram dengan sambal kacang. Selain itu pada umumnya juga disajikan dengan bakwan dan tempe yang dipotong kecil-kecil, dan juga kerupuk nasi yang diremuk. Dalam hal ini sehingga bisa anda bayangkan sendiri kenikmatannya, karena kuliner khas Salatiga memiliki rasa yang begitu gurih, pedas dan juga agak manis yang akan selalu siap menggoyang lidah anda. 

Bagi masyarakat Salatiga sendiri, tahu campur juga merupakan hidangan favorit, karena harganya juga sangat terjangkau yaitu rata-rata Rp.5000,- yang pada umumnya dijajakan oleh para pedagang keliling maupun warung-warung tradisional. Selain itu makanan seperti ini lebih cocok jika disajikan ketika siang hari, ditemani dengan segelas minuman dingin agar terasa lebih segar.

Sayangnya kami sendiri tidak menemukan informasi yang akurat apakah kuliner seperti ini hanya ada di Salatiga saja, namun yang pasti bagi penulis sendiri kebetulan juga belum pernah menemuinya didaerah lainnnya. Oleh karena itu bagi anda yang ingin mencicipinya namun belum memiliki kesempatan untuk berkunjung ke kota Salatiga, tentu yang terbaik adalah mencoba membuatnya sendiri, dan bagi anda yang tertarik berikut adalah salah satu resepnya.

Resep Tahu Campur
10 lontong
10 tahu putih ukuran sedang, potong-potong kecil kemudian goreng setengah matang
225 gram taoge
425 gram kol(kubis), iris tipis-tipis
Seledri secukupnya, iris halus
10 tempe goreng, potong kecil-kecil
10 bakwan sayur, potong kecil-kecil

Bahan sambal kacang
250 gram kacang tanah
150 gram gula merah
5 siung bawang putih
10 cabe rawit merah
garam secukupnnya

Cara membuat sambal kacang
  • Gorenglah kacang tanah kemudian tumbuk halus dengan cabe rawit merah, dan tuangkan 2 gelas air kemudian diaduk.
  • Haluskan bawang putih kemudian campurkan dengan 1 gelas air, dan diaduk hingga larut
  • Rebus gula merah dengan air hingga meleleh.
  • Campurkan semuanya menjadi satu kemudian aduk hingga benar-benar merata.
Cara menyajikan
  • Siapkan piring kemudian tatalah lontong yang sudah dipotong-potong secukupnya sesuai selera
  • Jika sudah berilah diatasnya taoge yang masih utuh, seledri dan kol yang sudah diiris halus sesuai dengan selera.
  • Berilah tahu goreng, tempe goreng dan bakwan sayur yang semuanya sudah dipotong-potong secukupnya.
  • Berilah kerupuk nasi yang diremuk.
  • Terakhir siram dengan sambal kacang yang telah dibuat diatas
  • Sajikan.
Sedikit tambahan, ketika membuat jangan lupa untuk sayur-sayuran seperti taoge, seledri dan kol cucilah hingga benar-benar bersih.

0 comments:

Post a Comment