Resep Membuat Kolak Labu atau Waluh

Bulan Ramadhan segera tiba maka kewajiban bagi seluruh umat Muslim didunia untuk menjalankan ibadah puasa. Ketika berbuka puasa masyarakat Indonesia memiliki sebuah hidangan yang sudah menjadi tradisi turun-temurun yaitu yang disebut sebagai Kolak, yang tentunya anda semua pernah mencicipi kenikmatannya. Sebenarnya pada artikel sebelumnya blog ini juga pernah membahas tentang cara membuat minuman Kolak istimewa yang berisi beragam macam bahan seperti pisang, kolang-kaling, ubi jalar dan ketan, maka untuk artikel ini juga masih seputar minuman sejenis namun untuk bahan isinya dominan dengan labu.

Seperti kita ketahui semua jika buah ini adalah jenis buah yang memiliki daging yang berwarna kuning, dan ketika dimakan terasa hambar walaupun ada juga yang memiliki rasa sedikit manis. Buah seperti ini paling umum memang dibuat Kolak, yang rasanya sangat khas, selain itu walaupun seperti saya singgung diatas jika waluh sendiri rasanya agak hambar, namun kuah dari minuman khas Indonesia ini sendiri sangat manis dan harum sehingga bisa merubah rasa waluh tersebut menjadi lebih nikmat.

Ketika waluh diolah menjadi menjadi hidangan minuman seperti ini, maka dagingnya juga akan menjadi lebih empuk, sehingga ketika disantab juga akan sedikit mengganjal perut kita, terlebih lagi jika kita membuatnya juga diberi kolang-kaling maka akan lebih terasa mantab yang cocok untuk hidangan berbuka puasa. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut, bagi anda yang belum pernah membuat kolak labu atau waluh seperti ini dan ingin mencobanya, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Resep
1KG buah labu
150 gram kolang-kaling(optional bila suka), rebus agak empuk
1/4KG gula merah, disisir
1 lembar daun pandan, simpulkan
2 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
1 liter air
Garam secukupnya.

Cara membuat 
  • Potong-potong buah labu kemudian rendam dengan larutan air kapur sirih seperempat jam, kemudian tiriskan dan cuci bersih.
  • Siapkan panci kemudian masukan semua bahan kedalamnya kecuali santan.
  • Jika sudah rebuslah hingga setengah matang
  • Tuangkan santan kemudian aduk, hingga mendidih dan masak
  • Sajikan.

0 comments:

Post a Comment