Cara Membuat Setup Pisang Kepok Segar Nikmat

Pisang kepok adalah salah satu jenis pisang yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Buah seperti ini pada umumnya diolah kembali menjadi beragam makanan dan minuman yang rasanya nikmat dan khas, sehingga walaupun juga enak dimakan langsung namun lebih sering diolah terlebih dahulu. Salah satu hasil olahan buah tersebut yang berupa minuman yang cukup populer adalah, dibuat menjadi minuman yang disebut sebagai setup pisang kepok.

Mungkin sebagian dari anda pernah mencicipi segarnya minuman seperti ini, karena sebenarnya juga biasa dibuat untuk hidangan keluarga. Selain itu ciri khas dari setup sendiri adalah digunakannya bahan kayu manis dan cengkih untuk membuatya, sehingga rasanya terasa sangat khas dan aromanya juga begitu harum, yang membuat kita semua akan suka kepadanya.

Setup Pisang cocok untuk dihidangkan kapan saja, dan jika cuaca panas bisa disajikan dengan es batu agar lebih segar, selain itu minuman ini juga menjadi salah satu favorit untuk berbuka puasa oleh masyarakat Indonesia disamping minuman tradisional kolak. Dalam perkembangannya minuman tradisional ini juga ada yang membuatnya dengan ditambahkan kolang-kaling, agar menambah variasi rasa dan kenikmatannya.

Entah dari mana asal-usul minuman ini?, sayangnya kami sendiri tidak menemukan informasi yang akurat tentangnya, akan tetapi kemungkinan besar jika minuman dengan rasa manis segar dan nikmat ini sudah ada sejak jaman dahulu yang resepnya didapat secara turun-temurun. Tidak perlu berpanjang lebar lagi, bagi anda yang sedang memiliki persediaan buah tersebut dan ingin mencoba membuatnya, berikut adalah salah satu resepnya.
Resep
1 sisir pisang kepok, kupas dan potong-potong sesuai selera
250 gram gula pasir
5 butir cengkih
1 batang kecil kayu manis
1 liter air
Garam secukupnya

Cara Membuat
1. Rebuslah gula pasir, cengkih, kayu manis berserta garam dengan air, hingga mendidih dan gulanya larut.
2. Jika sudah masukan potongan buah pisang, dan tunggu kira-kira seperempat jam hingga pisang empuk.
3. Angkat kemudian dinginkan, dan bila suka bisa disajikan dengan es batu.

0 comments:

Post a Comment