Resep Memasak Sayur Oblok-Oblok Daun Singkong Ikan Teri

Ketela pohon atau ubi kayu(Manihot utilissima) adalah sejenis tanaman perdu tahunan tropika dan subtropika yang secara umum dimanfaatkan untuk diambil ubinya untuk dikonsumsi. Namun selain ubinya oleh masyarkat Indonenia tanaman ketela pohon juga bisa dimanfaatkan daunnya, untuk dijadikan sebagai beragam jenis masakan maupun camilan seperti rolade.

Salah satu masakan yang populer ditengah masyarakat yang terbuat dari daun singkong tersebut adalah, apa yang disebut-sebut sebagai masakan sayur oblok-oblok. Mungkin sudah banyak dari anda yang pernah mencicipi nikmatnya masakan seperti ini, karena sebenarnya masakan seperti ini juga merupakan hidangan yang biasa disajikan bersama keluarga.

Sayur Oblok-oblok daun singkong, jika dilihat dari rasanya memang gurih dengan aroma khas daun ketela pohon, terlebih lagi jika dalam membuatnya juga dicampurkan dengan ikan teri pasti rasanya akan lebih mantab lagi. Jika dilihat dari teksturnya masakan ini berupa daun ketela yang dipotong-potong dan juga terdapat kelapa parut didalamnya yang akan menambah cita rasa dan aromanya.

Menu keluarga seperti ini sangat cocok jika disajikan dengan nasi dan juga beberapa jenis lauk lainnya seperti ikan pindang goreng, telur asin dan lain-lain sesuai dengan selera. Selain itu sebagai masakan yang sudah diwariskan resepnya secara turun-temurun tentu sudah banyak yang bisa membuat masakan seperti ini. Namun mungkin ada diantara anda yang belum pernah sama sekali membuatnya dan ingin mencobanya, oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep Sayur Oblok-Oblok Daun Singkong Ikan Teri
1 ikat daun singkong muda, kemudian rebus hingga empuk dan potong-potong.
1/2 butir kelapa muda, kemudian diparut
75gram ikan teri asin, digoreng
1 liter air

Bumbu
5 bawang merah
3 siung bawang putih
5 cabe merah besar
5 cabe hijau besar
50 gram tempe busuk
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
1 jempol lengkuas
Gula merah secukupnya
Vitsin secukupnya
Garam sesuai selera

Cara Membuat
1. Iris tipis-tipis bawang merah, bawang putih, kemudian cabe merah dan hijau. Tempe busuk potong kecil-kecil
2. Jika sudah rebuslah semua bahan bumbu diatas dengan air hingga mendidih.
3. Jika sudah mendidih masukan daun ketela muda dan kelapa parut yang sudah disiapkan sebelumnya, kemudian aduk
4. Masukan ikan teri gorengnya, dan aduk kembali.
5. Tunggu hingga matang dan empuk.

0 comments:

Post a Comment