Resep Memasak Bandeng Bumbu Acar Lezat

Ikan Bandeng (Chanos chanos) adalah salah satu jenis ikan yang hidup diair payau maupun air asin atau laut, yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia dan dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Jenis ikan seperti ini juga sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat, sehingga mudah untuk bisa kita temukan dimana saja dari pasar tradisional hingga super maket dengan harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan ikan laut jenis lainnya.

Bagi orang luar negeri ikan ini lebih dikenal dengan nama The Milkfish, sedangkan untuk bahasa Bugis dan Makassar dikenal sebagai ikan Bolu. Ikan seperti ini juga sering diolah menjadi beragam masakan yang ada di Indonesia dan salah satunya yang cukup populer ditengah masayarakat adalah apa yang dinamakan dengan masakan Bandeng bumbu acar, yang mungkin bagi anda sendiri tidak asing dan pernah mencicipi kelezatannya.

Masakan seperti ini memiliki rasa yang gurih khas ikan bandeng, selain itu juga sedikit terasa agak masam dan pedas manis, sehingga memiliki cita rasa tersendiri jika dibandingkan dengan masakan lainnya walaupun dengan bahan sejenis. Selain itu masakan ini sangat cocok untuk disantab bersama nasi hangat saja, namun juga tidak menutup kemungkinan jika nikmat untuk disantab bersama beberapa jenis masakan sayur lainnya.

Masakan yang lezat ini juga merupakan salah satu masakan yang sering dihidangkan dalam sebuah keluarga, sehingga resepnya didapatkan secara turun-temurun sejak jaman dahulu. Namun apabila ada diantara anda yang belum pernah sama sekali membuatnya, dan ingin belajar membuat masakan dari ikan air payau seperti ini, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep Bandeng Bumbu Acar
750 gram ikan bandeng yang sudah digoreng
10 biji cabe rawit merah
1 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan minyak goreng
1 buah wortel besar, potong memanjang kecil-kecil

Bumbu
3 siung bawang putih
1 sendok kecil merica
5 butir kemiri
1 batang serai
1 jempol jahe
2 cm kunir, dibakar
1 sendok makan cuka
1 sendok makan gula pasir
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Haluskan beberapa bahan seperti, bawang putih, merica, kemiri, kunir bakar, dan garam.
2. Tumislah dengan minyak goreng hingga harum didalam wajan
3. Masukan wortel, tuangkan santan, serai, jahe, cuka dan gula pasir kemudian aduk hingga merata
4. Jika sudah masukan cabe merah dan aduk terus hingga air berkurang dan matang
5. Masukan ikan yang sudah digoreng kedalamnya, kemudian siram-siramkan adonan bumbu hingga seluruh permukaannya tertutup.

0 comments:

Post a Comment