Resep Jajanan Ampyang Kelapa

Selain ampyang kacang yaitu sebuah camilan dari kacang tanah yang dilekatkan pada adonan gula merah sehingga rasanya sangat manis dengan aroma kacang, dahulu juga ada sebuah camilan sejenis yang tidak kalah populer dengannya yaitu apa yang dinamakan dengan ampyang kelapa. Sesuai dengan namanya tentu saja jika camilan ini terbuat dari kelapa, yang dibalut dengan adonan gula sehingga sama-sama manis, namun tentu saja untuk yang satu ini memiliki cita rasa khas tersendiri.

Dahulu jajanan tradisional seperti ini sangat mudah untuk bisa ditemukan diwarung-warung dikampung-kampung maupun pasar tradisional, namun sayangnya untuk saat ini jajanan seperti ini seakan-akan sudah mulai dilupakan, karena sekarang sudah sangat jarang untuk bisa ditemukan dibeberapa daerah. Padahal camilan ini sebenarnya juga memiliki rasa yang nikmat dan selain itu harganya juga sangat murah, bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan yang terbuat dari kacang.

Secara umum dahulu ampyang kelapa berbentuk bundar-bundar agak pipih, dan jika dilihat dari teksturnya seperti berupa serutan memanjang dari daging buah tersebut yang kemudian dibalut dengan adonan gula yang diberi pewarna. Sangat sayang memang jika jajanan tradisional seperti ini akan punah dan dilupakan, selain itu mungkin bagi anda semua yang dahulu pernah mencicipi jajanan seperti pasti akan merindukannya untuk bisa mencicipi kembali. Oleh karena yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri karena sebenarnya juga mudah dan tidak membutuhkan bahan yang banyak, dan jika anda tertarik untuk membuatnya berikut adalah salah satu dari resepnya.

Resep
2 buah kelapa setengah tua
325 gram gula pasir
100 ml air
1/2 sendok kecil vanili
Sedikit garam
Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat
  • Keroklah atau serut memanjang daging kelapa
  • Siapkan wadah kemudian campurkan bahan-bahan seperti gula pasir, vanili, garam, pewarna makanan beserta air. Kemudian rebuslah dengan api sedang hingga mendidih dan gulanya larut dan mengental.
  • Masukan serutan kelapa kedalam adonan gula sambil diaduk-aduk hingga merata, dan tunggu hingga agak menyusut.
  • Jika sudah angkat kemudian siapkan kertas roti, ambil sedikit adonan dan letakan diatas kertas roti, kemudian dibentuk bundar dan tunggu hingga dingin dan mengeras.

0 comments:

Post a Comment