Resep Memasak Rawon Daging Sapi Sedap

Daging sapi adalah salah satu jenis daging hewan yang sangat disukai oleh masyarakat dunia termasuk di Indonesia, yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi dan bisa diolah menjadi beragam jenis masakan. Disetiap negara bahkan mungkin juga setiap daerah, pasti memiliki masakan khas atau cara mengolah daging seperti ini, dan salah satunya yang cukup ternama di Indoensia adalah apa yang dikenal sebagai masakan rawon yang dibuat dari daging tersebut.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapat konon kabarnya jika masakan ini berasal dari Jawa Timur, walaupun sebenarnya di Jawa Tengah juga cukup banyak bisa kita temui masakan seperti ini, bahkan mungkin juga beberapa daerah lainnya. Masakan ini memiliki ciri khas dimana kuahnya berwarna hitam, karena salah satu bahan bumbu yang digunakan untuk membuat masakan ini adalah kluwek(kluak atau Kepayang), selain itu juga disajikan bersama dengan taoge(kecambah), sambal dan nasi hangat.

Rawon daging sapi juga menjadi salah satu masakan legendaris Indonesia, dimana resepnya bisa didapatkan secara turun-temurun, dan menjadi salah satu hidangan yang biasa disajikan untuk keluarga. Namun selain itu terkadang masakan ini juga menjadi hidangan untuk acara tertentu, dan juga dijajakan oleh para pedagang diwarung-warung makan tradisional dibeberapa daerah.

Rasa dari kuliner nusantara ini sendiri adalah gurih agak manis, terkadang juga ada yang sedikit pedas dengan cita rasa yang sedap dan khas, sehingga akan selalu membuat kita tergugah selera makannya. Tidak perlu berpanjang lebar lagi, dan berkaitan dengan hal tersebut diatas, bagi anda semua yang ingin mencoba memasaknya, pada kesempatan ini blog ini juga akan sedikit berbagi mengenai salah satu resep dan cara membuat masakan tersebut.

Resep
1KG daging sapi, direbus setengah matang dan potong-potong sesuai selera
100 gram daun mlinjo muda
150 gram taoge
2 liter air rebusan daging diatas
2 sendok makan minyak goreng, untuk menumis

Bumbu
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
50 gram gula merah
250 gram kluwek(kluak), pecah cangkangnya dan ambil isinya
100 gram kemiri
1 sendok kecil merica
1 jempol kunyit, dibakar
3cm kencur
1 sendok kecil ketumbar
1 lembar daun salam
1 batang serai
1 potong lengkuas
3 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya
vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara Memasak
  • Haluskan bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, kemiri, kunyit, kencur, kluwek dan garam. Jika sudah tumislah hingga harum dan matang.
  • Didihkan air kaldu sapi, kemudian masukan bumbu yang sudah ditumis diatas, dan aduk.
  • Masukan dagingnya, gula merah, vitsin, daun jeruk, serai, daun salam dan lengkuas.
  • Jika sudah tutuplah, dan tunggu hingga daging menjadi empuk dan airnya agak berkurang.
  • Masukan daun mlinjo dan tunggu kira-kira 3-5 menit hingga semuanya matang.
  • Cara menyajikan, siapkan nasi dalam piring kemudian beri taoge dan siramlah dengan masakan yang telah dibuat. Jangan lupa jika suka masakan ini juga akan nikmat jika disajikan dengan sambal dan kerupuk udang.

0 comments:

Post a Comment