Resep Memasak Asem-asem Pindang Benggol

Ikan pindang adalah sejenis hasil olahan ikan laut yang pada umumnya dari marga ikan Sardinella yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang nikmat, dan juga harganya yang terjangkau oleh segala lapisan masyarakat. Ikan seperti ini mudah untuk bisa kita jumpai dipasar-pasar tradisional dimana saja, yang biasanya dikemas dalam sebuah wadah kotak yang terbuat dari anyaman bambu yang terlihat sangat khas.

Sebagai jenis ikan laut, ikan ini memang memiliki rasa yang asin dan juga sering diolah menjadi beragam masakan tradisional yang lezat. Salah satunya adalah apa yang sering disebut-sebut orang sebagai masakan asem-asem pindang, yang mungkin ada diantara anda yang pernah bahkan sering menyantabnya.

Asem-asem pindang memiliki rasa yang gurih, asin, manis dan sedikit asam pedas yang akan sangat nikmat walaupun jika hanya dimakan bersama dengan nasi putih hangat saja. Namun selain itu masakan ini juga nikmat jika disajikan bersama dengan beberapa jenis masakan lain seperti sayur bobor, kemudian sayur nangka muda dan lain-lain sesuai dengan selera anda masing-masing.

Jika kita lihat secara kasat mata, masakan seperti ini adalah berupa pindang yang masih utuh kemudian memiliki kuah yang berwarna hitam kecokelatan, beserta dengan irisan-irisan cabe yang menyelimutinya. Tidak perlu berpanjang lebar lagi, bagi anda semua yang ingin mencoba membuat masakan seperti ini, berikut adalah salah satu resep beserta dengan cara memasaknya.
Resep Asem-asem Pindang Benggol
8 ekor pindang benggol, kemudian digoreng
150 ml kecap manis
4 sendok makan minyak goreng untuk menumis
1 gelas air

Bumbu
5 bawang merah, iris tipis-tipis
4 siung bawang putih, iris tipis-tipis
6 buah cabe merah besar, tiap cabe potong menjadi empat
5 cabe hijau besar, tiap cabe potong menjadi empat
1 sendok kecil garam
50 gram gula merah, disisir
5 butir tomat ukuran sedang, potong-potong
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara Memasak
  • Tumislah bawang merah, bawang putih, cabe merah dan hijau, beserta dengan tomat hingga harum dan masak
  • Masukan garam, air, kecap, gula merah dan vitsin kemudian diaduk, tunggu hingga mendidih
  • Masukan pindang yang telah digoreng kemudian aduk secara perlahan hingga bumbu meresap kedalam pindang.
  • Tunggu hingga airnya agak berkurang, kemudian angkat dan sajikan

0 comments:

Post a Comment