Resep Kroket Kentang isi Ragout Telur Puyuh

Kentang(Solanum tuberosum) adalah sejenis umbi-umbian yang rasanya paling istimewa jika dibandingkan dengan jenis umbi yang lain, oleh karena itu kentang sangat disukai oleh semua orang diseluruh penjuru dunia dan disantab dengan diolah terlebih dahulu menjadi beragam masakan maupun kue. Di Indonesia ada sejenis kue yang terbuat dari umbi-umbian tersebut yaitu apa yang disebut sebagai Kroket, yang saya yakin anda semua pernah mencicipi kenikmatannya.

Kue ini bisa dibilang sebagai kue legendaris yang dari masa ke masa akan selalu ada penggemarnya dan tidak akan punah hingga kapanpun. Selain itu Konon kabarnya kue seperti ini merupakan perpaduan dari budaya kuliner belanda yang masuk ke Indonesia, karena seperti kita ketahui semua jika dahulu Indonesia adalah daerah koloni dari Belanda, sehingga pertukaran budaya termasuk kuliner tentu bisa terjadi.

Bagi orang-orang luar negeri kebanyakan camilan ini disebut sebagai "croquette", namun di Korea disebut sebagai "Goroke atau Keuroket", ada lagi di Spanyol dikenal sebagai "Croquetas", kemudian "korokke" di Jepang dan lain-lain. Pada dasarnya semuanya ada kemiripan namun tentu saja tiap negara pasti memiliki ciri khas dan cita rasa masing-masing. 

Di Indonesia kroket secara umum berbentuk lonjong seperti telur, kemudian pada bagian luarnya dilapisi dengan tepung panir, dan pada bagian dalamnya berisi Ragout. Selain itu jika dilihat dari rasanya memang sangat gurih dan cocok jika kita sajikan bersama dengan cabe rawit hijau, sehingga akan membuatnya lebih nikmat.

Dalam perkembangannya kue berbalut panir ini juga cukup bervariasi sesuai dengan selera maupun kreasi masing-masing, oleh karena itu berhubungan dengan hal tersebut, maka untuk artikel ini kami juga akan sedikit membahas tentang resep dan cara membuat kroket isi Ragout telur puyuh.

Resep
500 gram kentang, digoreng dan tumbuk halus
5 buah wortel iris kotak-kotak kecil
25-30 butir telur puyuh rebus
250 gram daging ayam dicincang
100 gram mentega
1 sendok makan maezena
3 butir telur ayam, dikocok
200 gram Tepung panir, untuk lapisan

Bumbu isi Ragout
4 siung bawang putih
1 sendok kecil merica
3 iris bawang bombay
1 sendok makan gula pasir
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(bila suka)

Cara membuat isi Ragout
1. Haluskan bawang putih dan merica, kemudian tumis hingga harum
2. Masukan bawang bombay dan daging ayam cincang, kemudian aduk sampai tercampur dengan bumbu.
3. Masukan wortelnya, kemudian tuangkan sedikit air, diikuti dengan gula pasir, garam dan vitsin, kemudian aduk kembali. Tunggu hingga wortel empuk dan airnya agak menyusut
4. Jika sudah masukan tepung maezena dan aduk hingga mengental

Cara Membuat
  • Campurkan kentang yang telah ditumbuk halus dengan mentega hingga merata
  • Ambil 1 sendok makan adonan diatas dan pipihkan, kemudian beri isi 1 sendok kecil ragout dan 1 telur puyuh. Tutup rapat dan bentuklah lonjong seperti telur
  • Masukan tiap adonan yang sudah siap dan sudah dibentuk kedalam kocokan telur hingga rata. Jika sudah gulingkan diatas tepung panir, masukan kedalam kocokan telur lagi, dan gulingkan diatas tepung panir lagi.
  • Jika sudah panaskan minyak dengan api kecil, kemudian gorenglah hingga kuning kecokelatan.
  • Sajikan dengan cabe rawit hijau

0 comments:

Post a Comment