Resep Memasak Oseng-Oseng Daun Pepaya Udang Extra Pedas

Semua orang mungkin tahu jika daun pepaya memiliki rasa yang pahit, namun menariknya di Indonesia juga dikenal sebuah masakan yang legendaris yang terbuat dari sayuran yang pahit tersebut. Masakan seperti sering disebut sebagai oseng-oseng/tumis daun pepaya, yang rasanya juga nikmat terlebih lagi jika dimasak dengan bumbu yang pedas, karena dengan rasa pedas tersebut rasa pahit juga tidak terlalu terasa.

Bisa dibilang masakan seperti ini cukup segmented atau memiliki penggemar khusus saja seperti kalangan remaja maupun dewasa, karena saya yakin jika anak-anak sangat jarang yang suka dengan masakan seperti ini, namun apabila ada orang yang memang menyukai masakan seperti ini pasti akan sangat lahab menyantabnya.

Terkadang dalam membuat atau memasak tumisan seperti ini, juga ditambahkan udang rawa agar rasanya lebih mantab lagi yang akan selalu siap menggoyang lidah dari para penggemarnya. Sayangnya kami tidak menemukan informasi yang akurat tentang asal-usul dari masakan ini, namun yang jelas masakan seperti ini sudah tersebar dibeberapa daerah dinusantara sejak dahulu yang resepnya didapat secara turun temurun.

Dibeberapa daerah oseng-oseng seperti ini juga cukup mudah untuk ditemukan penjualnya oleh para pedagang masakan diwarung-waru g makan tradisional, sehingga bagi anda yang sibuk dan sedang ingin menyantabnya bisa dengan mudah membelinya. Namun apabila ada diantara anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep Oseng-Oseng Daun Pepaya Udang Pedas
1 ikat daun pepaya muda, bersihkan potong-potong kemudian direbus sampai lunak
200 gram udang rawa
1 lembar daun salam
1 jempol laos
3 sendok makan untuk menumis
1 gelas air

Bumbu
15 cabe merah besar, tiap cabe potong menjadi 4-5 bagian
10 cabe hijau pedas, tiap cabe potong menjadi 4-5 bagian
4 cabe rawit merah(atau sesuai selera untuk tingkat kepedasannya), iris-iris
10 bawang merah, iris-iris tipis
5 bawang putih, iris-iris tipis
100 gram gula merah, disisir
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(optional bila suka)
Saos tiram siap saji, secukupnya

Cara Membuat
  • Tumislah bawang merah dan bawang putih hingga harum, kemudian masukan cabe merah dan hijau beserta garam hingga masak.
  • Masukan daun pepaya yang sudah direbus
  • Masukan gula merah, daun salam, laos, vitsin dan saus tiram kemudian diaduk.
  • Tuangkan air 1 gelas air aduk kembali, kemudian tutup dan tunggu hingga air mengering.
  • Siap untuk disajikan.

0 comments:

Post a Comment