Cara Membuat Es Mambo dari Buah Sirsak

Buah yang satu ini memang memiliki rasa yang manis agak masam, dagingnya berwarna putih dan berserat, oleh karena itu buah ini disukai oleh masyarakat selain itu juga memiliki harga yang terjangkau dikantong. Buah ini adalah buah sirsak (Annona muricata L.) yang tentu saja anda semua pernah mencicipi kesegarannya dan selain segar disantab langsung buah seperti ini terkadang juga diolah lagi menjadi beragam jenis minuman segar, dan salah satunya yang terbilang sederhana adalah dibuat menjadi es mambo.

Es mambo juga salah satu jenis es yang sering dijajakan diwarung-warung maupun didepan sekolah, karena minuman dingin seperti ini sangat disukai oleh anak-anak karena harganya juga murah. Selain itu terkadang minuman seperti ini ada yang dibuat sendiri didalam keluarga untuk dikonsumsi sendiri, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki pohon buah yang berasa masam manis ini sendiri.

Minuman dingin seperti ini sendiri sebenarnya juga sama dengan es lilin, yaitu memiliki bentuk seperti tabung kecil yang dikemas dalam plastik, dan pada bagian ujungnya diikat dengan karet. Selain itu es seperti ini cara membuatnya juga sangat mudah karena tinggal dimasukan kedalam lemari es hingga menjadi keras kemudian tinggal disajikan.

Bagi anda yang memiliki pohon buah tersebut dan sedang berbuah, dan anda sendiri sedang bingung akan dijadikan apa, tidak ada salahnya juga jika buah tersebut dibuat minuman dingin sederhana seperti ini. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut, pada artikel ini blog ini juga akan sedikit berbagi tentang resep dan cara membuat es mambo dari buah sirsak.

Bahan-bahan
1 buah sirsak ukuran sedang, pilih yang sudah matang
500 gram gula pasir
2 liter air
1 sendok kecil esen sirsak(optional bila suka)
Plastik pembukus es lilin dan karet gelang secukupnya
Cara Membuat
  • Hilangkanlah kulit, serat tengah dan isi dalam sirsak, ambil dagingnya saja kemudian blenderlah hingga halus.
  • Jika sudah campurkan, dengan gula pasir, esen dan air, kemudian rebus hingga mendidih.
  • Tunggu hingga benar-benar dingin, kemudian tuangkan kedalam plastik dan ikat dengan potongan karet gelang diujungnya. 
  • Masukanlah semuanya kedalam freezer dan tunggu hingga mengeras.

0 comments:

Post a Comment