Resep Memasak Orak-Arik Istimewa

Sayur-sayuran adalah jenis bahan makanan yang digemari di Indonesia, oleh karena itu tercipta beraneka ragam masakan yang terbuat dari sayur-sayuran tersebut. Salah satunya yang cukup populer ditengah masyarakat Indonesia adalah apa yang dinamakan dengan masakan Orak-arik, yang mungkin sudah banyak diantara anda yang pernah mencicipi nikmatnya masakan ini.

Masakan seperti ini sebenarnya juga cukup beragam, namun yang paling umum adalah masakan yang terbuat dari wortel dan kubis atau kol, beserta dengan bahan-bahan campuran lain sehingga rasanya lezat dan juga sehat. Selain itu jika dilihat dari namanya juga terdengar unik yaitu orak-arik, yang mungkin memiliki persamaan kata dari bahasa Jawa yaitu morak-marik yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah berantakan atau tidak beraturan. Bahkan seperti kita ketahui semua jika masakan seperti ini juga terlihat seperti dicampur aduk tidak beraturan, namun sebagai catatan dalam hal ini saya sendiri juga tidak menemukan informasi yang akurat mengenai keterkaitannya akan hal tersebut diatas akan kebenarannya.

Masakan sayur ini dimasak dengan cara ditumis dan tidak memiliki kuah seperti masakan sayur lainnya, selain itu jika dilihat dari rasanya juga sangat gurih dan agak manis, yang akan selalu siap memanjakan kita agar bisa menggugah selera makan kita. Masakan seperti ini juga sangat cocok jika dimakan bersama dengan nasi hangat, terlebih lagi jika juga dihidangkan bersama dengan lauk-pauk seperti telur ceplok, ayam goreng, ikan asin kering, tahu dan tempe bacem maupun tahu-tempe goreng.

Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin mencoba membuat sendiri masakan  legendaris ini, pada artikel ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep maupun cara membuatnya.

Resep Orak-Arik Istimewa
5 lembar sayur kubis(kol), kemudian iris halus
5 buah wortel, diiris halus seperti lidi, kemudian siram dengan air panas agar empuk
2 buah jagung manis muda disisir
100 gram daging sapi cincang
2 butir telur dikocok
2 sendok makan mentega untuk menumis
1 sendok makan gula pasir
Bawang goreng secukupny untuk taburan
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Bumbu Halus
3 siung bawang putih
1 sendok kecil merica
1 sendok kecil garam

Cara membuat
  • Haluskan semua bahan bumbu halus diatas, kemudian tumis dengan 2 sendok makan mentega hingga harum.
  • Jika sudah masukan jagung manis, dan tunggu setengah matang
  • Masukan daging sapi cincang, kemudian aduk kira-kira 3 menit, dan tunggulah hingga daging berubah warna.
  • Masukan vitsin dan gula pasir, aduk hingga bumbu tercampur
  • Masukan wortel dan kubis, kemudian aduk hingga semuanya tercampur
  • Tuangkan telur yang sudah dikocok, kemudian aduk kembali kira-kira 3 menit, tunggu hingga matang.

0 comments:

Post a Comment