Resep Muffin Cokelat Kacang dan Mengenal Sejarahnya

Diera modern seperti sekarang ini tidak bisa dipungkiri jika banyak terdapat beragam kuliner luar negeri yang masuk di negeri kita yang tercinta ini, salah satunya adalah yang cukup populer ditengah masyarakat yaitu sebuah kue yang disebut-sebut sebagai Muffin yang mungkin bagi sebagian dari anda sudah pernah mencicipi kenikmatannya, bahkan mungkin juga sering menyantabnya.

Kuliner seperti ini memiliki bentuk bundar yang pada bagian bawahnya dibungkus oleh kertas roti berbentuk cup, sehingga penampilannya sangat menarik dan disukai oleh orang dewasa hingga anak-anak. Bahkan dalam perkembangannya camilan ini sendiri sangat beragam jenisnya yang dibedakan berdasakan campuran bahannya maupun bahan topping dan taburannya.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan, konon kabarnya kue ini berasal dari Inggris sejak jaman Victoria(Ratu dari Britania Raya dan Irlandia dari 20 Juni 1837, maupun Ratu India dari 1 Januari 1877, hingga wafatnya pada 1901 : sumber wikipedia), sehingga sudah ada sejak sekitar satu setengah abad yang lalu, dan ketika itu sering dijual oleh para pedagang keliling. Kuliner ini adalah kue tradisional Inggris yang sering dinikmati ketika musim dingin dan pada umumnya juga dinikmati bersama segelas teh atau kopi.

Untuk jaman sekarang banyak dijual ditoko-toko kue modern dengan beragam variasi dan sudah tersebar diberbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Namun sayangnya kami sendiri tidak menemukan informasi yang akurat mengenai kapan hidangan seperti ini mulai masuk ke Indonesia.

Walaupun camilan enak ini cukup mudah untuk bisa kita temukan ditoko-toko, namun mungkin ada diantara anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep maupun cara membuat untuk Muffin rasa cokelat tabur kacang.

Resep Muffin Cokelat Kacang
300 gram Tepung terigu
150 gram margarin
3 butir telur
150 gram gula pasir
125 ml susu cair
1 sendok kecil soda kue
1 sendok kecil baking powder
75 gram cokelat bubuk
75 gram kacang almond atau kacang mete, sangrai kemudian cincang kasar

Cara Membuat 
  • Cairkan margarin kemudian masak bersama susu cair, namun jangan terlalu mendidih atau hangat saja.
  • Kocoklah telur bersama gula namun jangan terlalu berbuih, kemudian masukan tepung terigu, cokelat bubuk, kacang sangrai cincang, baking powder dan, soda kue, kemudian aduklah hingga merata.
  • Jika sudah tuangkan susu dan margarin cair diatas(adonan no.1) kedalamnya, dan aduk kembali
  • Siapkan loyang muffin diameter 6cm dan beri alas cup kertas.
  • Jika sudah tuangkan adonan yang sudah jadi kedalam loyang yang sudah disiapkan hingga penuh.
  • Pangganglah kedalam oven dengan suhu 180-200 derajat celcius kira-kira 20-30 menit hingga matang.

0 comments:

Post a Comment