Resep Mudah Membuat Lumpia Pisang Cokelat

Jika pada umumnya kita mengenal kue tradisional lumpia berisikan rembung, namun ternyata ada juga lo yang berisikan buah. Mungkin anda akan langsung penasaran seperti apakah yang berisi buah seperti ini dan jenis buah apa yang digunakan?, dan jawabannya adalah yang berisikan buah pisang sehingga ada yang menyebutnya sebagai lumpia pisang. Mungkin sebagian dari anda sudah ada yang pernah mencicipinya, karena sebenarnya camilan gorengan seperti ini cukup populer dibeberapa daerah.

Berdasarkan dari beberapa sumber yang kami dapatkan makanan seperti ini ada yang menyebutnya sebagai pisang aroma, yang konon kabarnya berasal dari Temanggung, Jawa Tengah, dan juga sudah cukup tersebar dibeberapa daerah. Camilan gorengan seperti ini memiliki bentuk yang bulat memanjang, selain itu pada umumnya ketika membuatnya juga diberi bahan pemanis tambahan seperti meises atau cokelat agar rasanya juga lebih mantab.

Mungkin camilan gorengan seperti ini bisa dibilang ada sedikit kemiripan rasa dengan kue lekker(crepes), karena sama-sama terbuat dari buah yang sama dan diberi tambahan pemanis seperti gula dan cokelat. Namun perbedaanya juga sangat jelas yaitu pada bagian kulitnya, kemudian bentuknya, selain itu pada umumnya kue lekker(cepres) bahan pisang dipotong-potong kecil secara vertikal, sedangkan lumpia yang satu ini dibiarkan utuh, atau dibelah menjadi dua secara horizontal sehingga tetap memanjang.

Tidak perlu berpanjang lebar lagi, mungkin ada sebagian dari anda ada yang ingin mencoba membuat sendiri lumpia pisang cokelat seperti ini, karena sebenarnya cara membuatnya juga mudah. Oleh karena itu jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep
14 lembar kulit lumpia siap pakai
7 buah pisang raja
14 sendok kecil meises
2 sendok makan tepung terigu larutkan dengan sedikit air, untuk perekat

Cara Membuat
1. Belah pisang secara memanjang menjadi dua bagian
2. Siapkan bahan kulitnya kemudian letakan 1 belahan buahnya dan beri 1 sendok kecil meises. Jika sudah gulung dan rekatkan dengan tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan sedikit air
3. Gorenglah hingga matang kemudian angkat dan tiriskan
4. Bisa disajikan dengan ditabur gula halus apabila suka.

0 comments:

Post a Comment