Cara Mudah Membuat Kue Lekker Sendiri

Kue Lekker adalah salah satu jenis kue tradisional yang rasanya manis, karena didalamnya terdapat bahan isi berupa gula pasir, susu kental dan pisang raja. Kue ini sampai sekarang sering dijajakan oleh para pedagang kaki lima dijalan-jalan, bahkan menurut kami sendiri lebih sering dijajakan didepan sekolah dari taman kanak-kanak hingga SMA.

Kue ini sebenarnya sangat sederhana baik bahannya dan cara pembuatannya, kulitnya yang renyah terbuat dari adonan tepung terigu, dan pada bagian tengah diberi isi yang tersebut diatas, kemudian dilipat dan berbentuk setengah lingkaran. Menariknya lagi kue ini harganya juga sangat murah yaitu hanya seribu rupiah per kuenya, yang siap menemani anda ketika jalan-jalan atau duduk ditaman.

Kue ini sudah tersebar dimana-mana, namun berdasarkan sumber yang kami dapatkan kue Lekker merupakan kue khas Solo, walaupun kami sendiri juga tidak menemukan informasi dari asal-usul dari kue ini. Jika dilihat dari namanya saja juga cukup unik seakan-akan seperti kue import karena namanya bisa dibilang kebarat-baratan.

Lekker ada beberapa orang yang mengartikan sebagai makanan yang enak, namun ternyata setelah ditelusuri Lekker merupakan bahasa belanda yang memiliki arti bagus. Sebagai salah satu keu yang cukup sederhana dan mudah dalam membuatnya, oleh karena itu mari kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri. Berikut resepnya
Resep Kue Lekker
200 gram tepung terigu
2 butirtr telur
1 sendok kecil garam
2 sendok makan gula pasir
vanili bubuk secukupnya

Bahan isi
Pisang raja, susu kental cokelat, gula pasir

Cara membuat
1. Ayaklah tepung beras kemudian kocoklah telur
2. Campurkan kocokan telur, tepung, vanili, garam, gula dan air secukupnya, kemudian aduk hingga merata dan biarkan kira-kira setengah jam.
3. Panaskan wajan yang berukuran kecil dengan api kecil kemudian olesi dengan minyak atau mentega
4. Tuangkan 1-2 sendok makan adonan nomor 2, dan langsung pipihkan dengan cara diratakan pada wajan.
5. Jika sudah setengah matang masukan bahan isi, caranya potong kecil-kecil pisang raja dan masukan, berikut gula pasir kemudian susu cokelat kental.
6. Lipat kulit kue Lekker agar isi bisa tertutup, kemudian bolak-balik sebentar sampai matang dan angkat. 

Demikian cara membuat kue Lekker sangat mudah bukan, namun jika anda ingin yang lebih nikmat lagi, kue Lekker juga bisa diberi isi meises, kacang tanah sangrai campur gula atau juga bisa bermacam-macam selai, pasti akan lebih mantab.

0 comments:

Post a Comment