Resep Membuat Sayur Asem

Masyarakat indonesia memang dikenal gemar menyantab sayur-sayuran, sehingga tercipta masakan sayur yang sangat beragam, dan salah satunya adalah apa yang kita kenal sebagai Sayur Asem. Kemungkinan anda sendiri juga sering menyantab masakan sayur yang terasa segar dan nikmat ini, karena bisa dibilang jika masakan ini adalah salah satu jenis hidangan yang sering disajikan untuk hidangan keluarga dirumah.

Masakan sayur ini jika dilihat dari namanya memang terdengar unik yaitu asem, dan entah bagaimana asal-usul hingga masakan ini dinamai demikian, sayangnya kami tidak menemukan informasi yang akurat. Namun jika kita lihat dari rasanya masakan sayur ini memang terasa lebih asam jika dibandingkan dengan jenis masakan sayur lainnya, akan tetapi apakah karena hal tersebutlah masakan ini dinamakan demikian kami juga tidak mengetahuinya secara pasti.

Sayur asem akan terasa lebih nikmat lagi apabila kita sajikan dengan tahu goreng, tempe goreng, telur asin, sambal atau mungkin juga bisa lauk lainnya, yang akan selalu siap menggoyang lidah kita sehingga juga bisa menggugah selera makan kita. Selain itu seperti kita ketahui masakan ini juga terdiri dari beragam jenis sayuran, hingga biji-bijian, sehingga selain nikmat rasanya namun juga sehat.

Sebagai salah satu jenis masakan khas Indonesia maupun salah satu masakan wajib untuk keluarga, tentu saja banyak yang bisa membuat masakan seperti ini secara turun-temurun. Akan tetapi mungkin ada diantara anda yang belum pernah mencoba membuat sendiri Sayur Asem seperti ini, sehingga pada kesempatan ini kami juga akan sedikit berbagi tentang salah satu resep untuk masakan sayur tersebut. Apabila anda tertarik silahkan baca yang diabwah ini.
Resep
1 Buah jipang(labu siam), dipotong dadu agak besar
1 Buah terong ukuran sedang, dipotong-potong vertikal kira-kira 2cm
1-2 buah jagung manis, dipotong-potong vertikal kira-kira 3cm
1/2 ikat kecil kacang panjang, dipotong-potong
Daun mlinjo muda secukupnya(orang Jawa bilang "godong so")
100 gram kacang tanah, kemudian direbus terlebih dahulu
150 gram daging sapi potong dadu
Air kira-kira 1,5 liter

Bumbu

5 bawang merah, diiris-iris
3 siung bawang putih, diiris-iris
5 cabe merah besar, diiris-iris
3 cabe hijau besar, diiris-iris
1 jempol asam jawa
1 lembar daun salam
2-3 cm lengkuas, memarkan
25 gram gula merah
1 biji blimbing wuluh, dipotong-potong
1 buah tomat, dipotong-potong
Garam secukupnya

Cara Membuat
1. Rebuslah daging dengan air terlebih dahulu, kemudian masukan bahan bumbu kecuali asam. Tunggu hingga mendidih
2. Jika sudah masukan beberapa sayur seperti kacang panjang, kacang tanah, jipang, daun mlinjo muda, jagung manis, dan terong. Kemudian tunggu hingga sayuran lunak dan matang
3. Terakhir masukan asam jawa kemudian aduk sebentar dan tunggu kira-kira 3 menit.
4. Angkat dan sajikan dengan tahu dan tempe goreng serta sambal

0 comments:

Post a Comment