Resep Masakan Kering Tahu Tempe

Tahu dan tempe adalah jenis-jenis makanan yang terbuat dari kedelai yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, yang bisa diolah menjadi beragam jenis masakan hingga kue-kue tradisional. Salah satu jenis masakan yang terbuat dari kedua bahan tersebut adalah yang sering disebut-sebut masyarakat sebagai masakan yang disebut Kering yang mungkin anda sendiri pernah mencicipi kenikmatannya. Masakan seperti ini merupakan salah satu masakan khas Indonesia yag sudah tersebar dinusantara, selain itu juga bisa dibilang salah satu menu wajib yang sering dihidangkan untuk keluarga tercinta.

Menu seperti ini memiliki rasa yang gurih dan manis, sehingga banyak disukai oleh banyak orang dan juga cocok untuk kita jadikan teman makan dengan beberapa jenis sayur seperti sayur asam, sayur bayam dan lain-lain. Namun selain daripada itu masakan seperti ini juga sudah terasa cukup nikmat apabila kita santab dengan nasi putih hangat saja.

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, masakan ini berwarna kecokelatan karena dalam membuatnya juga menggunakan bahan kecap manis dan gula merah, selain itu juga berupa potongan-potongan tahu dan tempe yang dibentuk persegi kecil-kecil, yang akan selalu siap untuk menggugah selera kita semua.

Mungkin masakan seperti ini sudah ada sejak jaman dahulu, dan menjadi salah satu masakan warisan turun-temurun, sehingga bisa dipastikan setiap ibu-ibu rumah tangga bisa membuat Kering Tahu-Tempe seperti ini. Namun mungkin saja ada diantara kita ada yang belum pernah mencoba membuat masakan Kering Tahu Tempe seperti ini, dan tertarik ingin mencoba untuk membuatnya. Oleh karena itu apabila demikian pada artikel kali ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep maupun cara memasaknya. 
Resep
5 buah tahu ukuran sedang, potong persegi kecil-kecil
1 papan tempe(kira-kira ukuran 10x20cm), potong persegi kecil-kecil
2 gelas air

Bumbu
5 bawang merah, kemudian diiris halus
3 siung bawang putih, diiris halus
5 cabe merah keriting, diiris halus
1 lembar daun salam
1 jempol lengkuas
50 gram gula merah
5 sendok makan kecap manis
Garam secukupnya

Cara Membuat
1. Tumislah bawang merah dan bawang putih dengan 2 sendok makan minyak sampai harum, kemudian masukan lombok, daun salam, dan lengkuas
2. Masukan tahu dan tempe yang sudah dipotong-potong, kemudian air dan aduklah hingga merata
3. Jika sudah tuangkanlah kecap, gula, dan garam kemudian aduk kembali
4. Tutuplah wajannya dan tunggu airnya agak mengering, kemudian buka tutupnya sambil diaduk hingga kering airnya.
5. Jika sudah tuangkan 1 sendok makan minyak goreng dan aduklah kembali hingga matang.

0 comments:

Post a Comment