Resep Membuat Kue Bapel

Seperti kita ketahui semua jika Indonesia memiliki beragam kue tradisional yang ada sejak jaman dahulu dan menjadi sebuah warisan kuliner yang harus tetap kita jaga dan tetap dilestarikan. Bagi anda semua masyarakat Indonesia, masih ingatkah anda dengan sebuah hidangan rakyat yaitu yang sering disebut-sebut sebagai kue Bapel. Mungkin sebagian dari anda tidak asing dengannya bahkan mungkin juga sering mengkonsumsinya, namun mungkin juga ada yang belum pernah tahu jajanan seperti ini terutama bagi anak-anak jaman sekarang yang lebih mengenal sajian makanan modern yang sekarang membanjiri pasaran.

Kue Bapel seperti ini ada yang menyebutnya sebagai wafel, selain itu konon kabarnya juga sudah ada sejak jaman dahulu, dan merupakan sebuah kue yang terpengaruh oleh budaya Belanda. Seperti kita ketahui semua jika bangsa kira pernah menjadi daerah koloni belanda selama kurang lebih tiga setengah abad, sehingga tidak mustahil jika terjadi pertukaran budaya termasuk dunia kuliner.

Secara umum camilan ini memiliki ciri khas yaitu seperti berongga-rongga dan berbentuk hati, sehingga terlihat menarik yang akan membuat banyak orang akan suka dengannya walaupun hanya melihatnya saja. Selain itu rasanya juga sangat enak dan ketika digigit juga lembut, sehingga sangat cocok untuk kita jadikan camilan keluarga maupun sebagai hidangan ketika tamu datang kerumah.

Bisa dibilang cukup sulit untuk bisa menemukan para penjualnya dibeberapa daerah, sehingga bagi anda yang merindukan kue seperti ini akan kesulitan untuk bisa menemukannya. Sehingga bagi anda yang merindukannya atau mungkin juga belum pernah mencicipi nikmatnya kue Bapel, tentu yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami juga akan berbagi tentang resep maupun cara membuatnya, dan jika anda tertarik silahkan baca yang dibawah ini.
Resep
Bahan I:
250 gram tepung terigu
275 gram gula pasir dan 5 btr telur, kemudian dikocok bersama hingga putih
400 ml santan kental, rebus hingga mendidih kemudian dinginkan
1 sendok makan butter, kemudian cairkan
Garam secukupnya
Vanili secukupnya

Bahan II:
150 gram tepung terigu
150 ml air hangat
1 sendok makan ragi instant

Cara Membuat 
  • Pertama campurkan semua bahan II kemudian aduk rata, dan diamkan kira-kira setengah jam
  • Jika sudah masukan tepung terigu, sambil diaduk pelan-pelan hingga merata
  • Tuangkan adonan telur dan gula pasir yang sudah dikocok bersama sebelumnya, kedalam adonan diatas.
  • Masukan bahan-bahan lainnya seperti butter, santan, vanili, dan garam, kemudian aduk kembali. Jika sudah diamkan lagi kira-kira 5 jam 
  • Panaskan cetakannya, kemudian olesi dengan mentega dan tuangkanlah adonan dan panggang hingga matang. Jangan lupa dibolak-balik agar matang merata

0 comments:

Post a Comment