Resep Membuat Jenang Jagung

Jagung (Zea mays L) adalah salah satu sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, yang kemudian diolah menjadi beragam masakan maupun kue. Salah satu jenis kue yang ada di Indonesia yang terbuat dari bahan makanan ini adalah apa yang sering disebut sebagai jenang jagung, yang mungkin anda sendiri pernah mencicipinya bahkan mugkin juga sering. Kue ini juga merupakan salah satu kue tradisional Indonesia, yang sering dijadikan sebagai camilan bersama keluarga, maupun juga cocok untuk hidangan teman-teman anda yang sedang singgah dirumah.

Kue tradisional ini memiliki rasa yang khas dan juga manis karena diberi bahan pemanis berupa gula, sehingga disukai oleh masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun sayangnya untuk dibeberapa daerah mungkin kue seperti ini sudah agak dilupakan, dan sudah agak jarang ada yang membuatnya apalagi yang menjaualnya. Padahal kue seperti ini sebenarnya juga tidak kalah nikmatnya dengan kue-kue lainnya, selain itu sebenarnya cara membuatnya juga cukup mudah.

Oleh karena itu bagi anda yang merindukan untuk mencicipi kembali nikmatnya, namun didaerah anda tinggal sudah jarang ada yang membuatnya, maka tentu saja yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah. Karena seperti yang saya singgung diatas sebenarnya cara membuatnya juga tidak sulit dan juga hanya membutuhkan bahan yang tidak terlalu banyak. Jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep Jenang Jagung
4-5 buah jagung manis
1 bungkus atau sachet agar-agar putih
250 gram gula pasir
800 ml santan
1/2 sendok kecil vanili
Garam dan maizena secukupnya

Cara Membuat
  • Bersihkan jagung kemudian dipipil, dan blenderlah hingga halus
  • Campurkan santan bersama agar-agar
  • Jika sudah semuanya campurkan semua bahan menjadi satu dan dimasak hingga menjadi mengental
  • Jika sudah segera cetak sesuai selera. Jika sudah dingin dipotong-potong dan kemas dengan plastik

0 comments:

Post a Comment