Resep Memasak Semur Ayam dan Mengenal Sejarahnya

Bagi masyarakat Indonesia siapa sih yang belum pernah mencicipi nikmatnya masakan "Semur"?, saya yakin anda semua pasti pernah merasakan  salah satu masakan legendaris ini karena juga menjadi masakan yang sering dihidangkan dalam kehidupan sehari-hari. Hidangan seperti ini memiliki ciri khas yaitu kuahnya yang berwarna cokelat pekat yang dihasilkan karena dalam membuatnya digunakan kecap manis, sehingga rasanya juga manis gurih yang akan selalu siap menggugah selera makan anda semua.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan ternyata, masakan ini sudah ada sejak jaman dahulu kala kira-kira abad ke 16 atau tahun 1600an, dimana masakan seperti ini pada mulanya merupakan hasil perpaduan dari para pedagang dari berbagai bangsa maupun pendatang dan penduduk asli yang ada dinusantara, sehingga tercipta interaksi budaya termasuk dunia kuliner. Kata semur sendiri konon kabarnya berasal dari kata "Smoor" yang merupakan bahasa Belanda yang bisa diartikan sebagai masakan yang telah direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan-lahan. Namun selain itu juga bisa diartikan sebagai teknik untuk memasak dimana daging direbus dengan api kecil dalam waktu yang lama atau braising.

Menu khas nusantara ini sendiri sebenarnya juga beragam jenisnya yang dibedakan dari asal daerah khas masing-masing, hingga bahan yang digunakan. Salah satunya adalah "Semur Ayam" yang mungkin anda sendiri pernah mencicipi kelezatannya, karena juga merupakan salah satu jenis yang paling umum atau paling sering dibuat. Sesuai dengan namanya tentu saja bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah daging ayam, namun selain itu pada umumnya juga diberi bahan tambahan lain yaitu berupa kentang yang dipotong-potong sehingga akan menambah cita rasanya.

Saya yakin banyak diantara anda terutama ibu-ibu rumah tangga maupun para penghobi masak-memasak, bisa dengan mudah membuat masakan yang lezat ini. Namun mungkin ada yang belum pernah mencoba membuat masakan "Semur Ayam" seperti ini dan tertarik ingin mencoba membuatnya sendiri. Oleh karena itu berkaitan dengan hal itu semua, pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep dan cara membuat dari masakan tersebut. 
Resep
500 gram daging ayam, kemudian digoreng terlehih dahulu
250 gram kentang, dipotong-potong juga digoreng
Bawang goreng untuk taburan sesuai selera
2 gelas air

Bumbu
3 siung bawang putih, dihaluskan
1 sendok kecil merica, dihaluskan
1 jempol gula merah, disisir
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(bila suka)
Bawang bombay diris-iris secukupnya
3 sendok makan kecap manis

Cara Membuat
1. Tumislah bawang bombay hingga setengah matang, kemudian masukan bawang putih, garam dan merica yang telah dihaluskan
2. Jika sudah tuangkan air, kecap, gula merah, vitsin kemudian tunggu hingga mendidih.
3. Masukan daging, kentang yang telah digoreng dan tunggu hingga empuk
4. Jika sudah angkat dan sajikan dengan ditabur bawang merah goreng diatasnya.

0 comments:

Post a Comment