Resep Memasak Tumis Kangkung Udang

Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang disukai oleh masyarakat Indonesia, yang kemudian diolah menjadi beragam masakan. Tumbuhan seperti ini memiliki nama binomial Ipomoea aquatica yang banyak terdapat di kawasan Asia termasuk Indonesia, dan dimasing-masing negara tentu memiliki sebutan yang berbeda-beda. Di Thailand sayuran ini disebut sebagai phak bung, di Burma memiliki nama gazun ywet, kemudian di Laos dikenal sebagai pak bong, dan di Filipina memiliki sebutan yang cukup mirip seperti di Indonesia yaitu kangkóng.

Salah satu jenis masakan Indonesia yang umum dibuat dari sayur seperti ini adalah dijadikan sebagai tumisan, sehingga disebut sebagai tumis kangkung. Mungkin sebagian dari kita sudah sering mencicipi nikmatnya tumis kangkung, karena masakan seperti ini juga merupakan salah satu masakan wajib bagi kehidupan rumah tangga, sehingga bisa dipastikan jika ibu-ibu rumah tangga pasti bisa membuatnya.

Tumis Kangkung cocok disajikan dengan nasi hangat dan tahu-tempe goreng, sehingga rasanya pasti akan lebih mantab yang akan membuat lidah bergoyang bagi yang sedang menyantabnya. Masakan sayuran seperti ini rasanya juga gurih dan sedikit pedas, dan selain itu terkadang ada juga yang membuatnya dengan dicampur dengan udang sehingga akan menambah cita rasanya.

Sebagai salah satu masakan legendaris secara turun temurun, tentu sudah banyak yang bisa memasak atau membuatnya. Namun apabila ada diantara anda yang belum pernah membuatnya dan ingin mencoba membuatnya sendiri, pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep dan cara memasaknya.
Resep
1 ikat kangkung, kemudian potong-potong menurut selera
100 gram udang rawa, kemudian bersihkan
1 jempol lengkuas
1 lembar daun salam
1 sendok kecil saos tiram siap saji
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(optional jika suka)

Bumbu

5 bawang merah
3 bawang putih
5 cabe merah besar
3 cabe hijau besar
1/2 butir tomat

Cara Membuat 
  • Semua bahan bumbu diatas diiris-iris kemudian ditumis dengan sedikit minyak hingga harum.
  • Jika sudah beri garam secukupnya, dan masukan udang dan aduk-aduk hingga udang berubah warna.
  • Masukan kangkung, lengkuas, dan daun salam, kemudian tutup hingga kangkung menjadi layu
  • Buka tutupnya, tuangkan saos tiram, vitsin dan sedikit air(kira-kira 1/4 gelas atau sekurangnya), bolak-balik hingga semuanya merata dan tutup kembali hingga matang.

0 comments:

Post a Comment