Resep Membuat Kue Tradisional Lepet Pisang

Jika dulu kami pernah membahas tentang sebuah kue tradisional yang terbuat dari jagung yaitu kue lepet jagung, maka untuk kali ini juga masih seputar kue tradisional yang masih bersaudara dengan kue tersebut yaitu apa yang dikenal sebagai kue lepet pisang. Beberapa orang juga ada yang menyebut kue ini sebagai kue Lepat, dan sesuai dengan namanya tentu saja kue ini terbuat dari buah pisang bersama dengan bahan-bahan lain yang kemudian dimasak dengan cara dikukus.

Jika kue lepet jagung secara umum dibungkus oleh daun jagung atau orang Jawa bilang yaitu klobot, maka untuk kue Lepat/lepet Pisang dibungkus dengan daun pisang. Jika dilihat dari rasa dan aromanya tentu keduanya sangat berbeda karena satu terbuat dari bahan yang berbeda, namun keduanya sama-sama nikmat yang cocok untuk kita jadikan camilan dirumah ketika bersantai bersama keluarga maupun hidangan untuk tamu yang berkunjung dirumah.

Kuliner seperti ini memiliki tekstur yang sangat lembut, karena seperti kita ketahui jika buah ini sendiri pada dasarnya juga sangat lunak tekturnya, terlebih lagi dalam membuat kue ini, buah tersebut juga dilumatkan terlebih dahulu. Selain itu pada umumnya jenisnya yang sering digunakan untuk membuat kue ini adalah seperti pisang raja, ambon bahkan juga ada yang kepok, sehingga rasanya akan sangat nikmat.

Mungkin sebagian dari anda sudah terbiasa menyantab kue tradisional ini, namun selain itu mungkin ada juga diantara kita yang belum pernah mencicipi nikmatnya ini. Hal ini karena mungkin tidak disemua daerah kue ini ada yang membuatnya, sehingga juga kesulitan untuk bisa menemukan penjualnya. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik untuk mencoba membuat sendiri kue ini, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Resep
1/2 sisir pisang raja
125 gram tepung terigu
50 gram gula pasir atau sesuai selera
1/2 butir kelapa, parut
Garam dan air secukupnya
Daun pisang secukupnya untuk pembungkus

Cara Membuat
1. Haluskan pisangnya, kemudian campurkan dengan bahan lainnya kecuali daun pembungkus, dan diaduk rata.
2. Jika sudah ambil 2 sendok adonan dan bungkus dengan potongan daun.
3. Jika sudah semuanya tinggal dikukus hingga matang kira-kira 15-20menit.

0 comments:

Post a Comment