Resep Memasak Sambal Tumpang Tahu Kerecek

Jika sebelumnya kami membahas sebuah masakan khas Indonesia yaitu sambal goreng ati, maka untuk artikel kali ini juga masih seputar masakan khas Indonesia yang lain yaitu apa yang disebut-sebut sebagai sambal tumpang. Masakan seperti ini cukup umum dibuat dan dikonsumsi untuk kehidupan rumah tangga, sehingga tentu banyak para ibu-ibu rumah tangga di Indonesia yang bisa membuatnya yang resepnya didapatkan secara turun-temurun. Selain itu masakan ini juga menjadi salah satu masakan legendaris, yang dari masa ke masa akan selalu ada penggemarnya karena kenikmatannya.

Sambal tumpang berbeda dengan sambal goreng, karena masakan ini terdapat kuah yang segar sedangkan sambal goreng cenderung lebih kering atau tanpa kuah sehingga memiliki kekhasan sendiri-sendiri. Secara umum bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah tahu dan kerecek yang dipadukan dengan bumbu-bumbu, namun selain itu ada juga yang membuatnya dengan diberi bahan lain seperti tetelan daging sapi maupun telur ayam rebus, agar rasanya lebih mantab.

Sambal tumpang akan terasa nikmat jika disajikan dengan nasi hangat, terlebih lagi jika diberi taburan serundeng kelapa pasti rasanya akan membuat lidah kita terasa bergoyang dan menambah selera makan kita. Selain itu sambal tumpang juga cocok untuk disajikan pada nasi kluban(gudangan) dengan cara disiramkan sedikit diatasnya, bahkan dibeberapa daerah di Jawa masakan ini juga disajikan dengan bubur nasi yang biasa dijual di jalan-jalan atau perkampungan ketika pagi hari, dan disebut sebagai bubur tumpang.

Sebagai salah satu jenis masakan wajib dikehidupan rumah tangga, tentu anda bisa membuat masakan sambal tumpang seperti ini. Namun jika ada diantara anda yang belum pernah membuatnya dan ingin mencoba membuat sendiri dirumah, pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep beserta cara membuatnya.
Resep
5 potong tahu ukuran besar, kemudian belah menjadi 4 bagian tiap 1 tahu
10 butir telur ayam rebus
150 gram kerecek, kemudian dipotong-potong
2 gelas santan dari 1 butir kelapa
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
1 jempol lengkuas
1 batang sere
100 gram gula merah
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Bumbu Halus
100 gram bawang merah
50 gram bawang putih
200 gram cabe merah keriting
200 gram tempe bosok(semangit atau tempe yang sudah tua)
1 jempol kencur

Cara Memasak
  • Kukuslah kira-kira 10 menit bahan bumbu halusnya terlebih dahulu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, tempe bosok, dan kencur.
  • Jika sudah haluskan bahan bumbu halus tersebut, kemudian tumis dengan sedikit minyak
  • Rebus 2 liter air bersama bumbu yang telah dihaluskan diatas hingga mendidih, kemudian masukan tahu, kerecek dan telur rebus
  • Jika sudah masukan daun jeruk purut, daun salam, lengkuas, sere, garam, vitsin, dan gula merah. Kemudian aduk dan tunggu hingga mendidih
  • Tunggu hingga airnya agak menyusut, kemudian tuangkan 2 gelas santan dan rebus kembali hingga matang.

0 comments:

Post a Comment