Resep Memasak Sup Bakso Sapi

Jika sebelumnya blog ini membahas tentang cara memasak salah satu masakan khas Indonesia yaitu sayur Lodeh, maka untuk artikel kali ini adalah sebuah masakan yaitu sup bakso sapi. Masakan seperti ini sebenarnya juga sudah umum untuk dibuat didalam kehidupan rumah tangga, oleh karena itu untuk ibu-ibu rumah tangga pasti bisa membuatnya. Namun tidak lepas dari itu, mungkin ada diantara kita yang belum pernah membuatnya sama sekali dan ingin belajar membuat masakan sayur sop yang dipadukan dengan bakso sapi seperti ini.

Sup atau ada juga yang menyebutnya sebagi sop dan orang-orang luar negeri menyebutnya sebagai soup, sebenarnya sebuah masakan yang juga sangat umum dikenal hampir disemua negara, namun tentu saja masakan seperti ini disetiap daerah pasti memiliki ciri khas masing-masing dan cita rasa yang berbeda. Di Indonesia sendiri masakan ini mungkin bisa dibilang lebih diindentikan dengan wortel sebagai salah satu bahan utamanya, selain itu rasanya juga sangat gurih dan segar sehingga menjadi salah satu masakan legendaris yang disukai oleh semua kalangan.

Sup bakso sapi sendiri sebenarnya juga seperti pada umumnya, namun dalam membuatnya ditambahkan bakso sapi sehingga bisa menambah cita rasanya. Selain itu masakan seperti ini akan sangat nikmat untuk disajikan dengan nasi hangat, namun juga tetap nikmat apabila disantab tanpa nasi. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin mencoba membuatnya, berikut adalah salah satu resepnya.
Resep
10 butir bakso, tiap butir belah menjadi 4
4-5 buah wortel, kupas dan iris-iris agak tipis
3 butir kentang, kupas dan diiris-iris
50 gram makaroni
2 lembar kol(kubis), kemudian dipotong-potong
Seledri prei secukupnya
1 liter air
Bawang merah goreng secukupnya untuk taburan
1 sendok makan gula pasir
vitsin secukupnya(bila suka)

Bumbu halus
4 siung bawang putih
1 sendok teh merica
Garam secukupnya

Cara Membuat
  • Haluskan bahan bumbu halusnya
  • Rebus air hingga mendidih, masukan bumbu halus diatas bersama vitsin dan gula pasir, kemudian tutup dan tunggu beberapa saat.
  • Masukan wortel, kentang, bakso, makaroni, dan tunggu hingga empuk.
  • Jika sudah masukan kol(kubis), dan seledri prei yang sudah dipotong-potong, dan tunggu hingga semuanya matang.
  • Terakhir taburlah dengan bawang merah goreng agar lebih mantab
  • Sajikan.

0 comments:

Post a Comment