Resep Membuat Lontong Soto Ayam Santan

Sebagai masyarakat Indonesia pasti pernah mencicipi sebuah masakan yang benama Soto, karena masakan seperti ini ada dihampir seluruh daerah di Indonesia, dimana para penjualnya juga tersebar baik dari kelas kaki lima hingga restoran. Masakan Inddonesia ini sendiri sangat beragam jenisnya baik dibedakan dari bahan yang digunakan maupun berdasarkan ciri khas daerah masing-masing. Salah satunya adalah yang cukup umum dikenal yaitu lontong soto ayam santan, yang mungkin sebagian dari anda sudah pernah bahkan sering menyantabnya.

Sesuai dengan namanya masakan ini disajikan dengan lontong(atau juga bisa kupat), kemudian daging ayam goreng yang disuwir-suwir, dan kuahnya berwarna putih kekuningan karena dalam membuatnya disertakan santan. Lontong soto ayam santan memiliki rasa yang sedap dengan aroma yang begitu khas, selain itu ada juga yang diberi soun, tekur ayam rebus dan kentang goreng sehingga membuatnya menjadi terasa lebih mantab. Selain itu berdasarkan pengalaman pribadi entah kenapa salah satu dari saudara saya ada yang menyebut masakan seperti ini sebagai soto laksa, namun dalam hal ini apakah hal tersebut memang benar atau tidak saya sendiri tidak menemukan informasi yang akurat.

Masakan seperti ini dibeberapa daerah sering dibuat dan disajikan untuk acara-acara tertentu seperti arisan, pengajian, dan lain-lain. Sedangkan untuk penjualnya mungkin bisa dibilang cukup jarang untuk bisa ditemukan dibeberapa daerah, karena kebanyakan hanya menjual soto ayam biasa saja. Tidak perlu berpanjang lebar lagi, bagi anda yang ingin mencoba membuat masakan ini, berikut adalah salah satu dari resepnya.

Resep
500 gram daging ayam, kemudian digoreng
200 gram kentang, potong dadu kemudian digoreng
100 gram soun, kemudian direbus
200 gram taoge, direbus
1 jempol gula merah
1 liter air
2 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk wangi
1 batang serai
4 cm lengkuas
Vitsin secukupnya bila suka
Daun sledri, diiris kecil-kecil
Bawang merah goreng secukupnya, untuk taburan
Kerupuk udang secukupnya
Telur ayam rebus, belah menjadi dua
Lontong atau kupat secukupnya

Bumbu halus
3 bawang merah
3 bawang putih
1 sendok kecil ketumbar
1/2 sendok kecil merica
5 butir kemiri
1 potong kecil kunir yang telah digoreng
tomat 2 iris
Garam sesuai selera

Cara Membuat 
  • Haluskan bumbu kemudian tumis hingga harum dan matang
  • Rebuslah air hingga mendidih kemudian masukan bumbu halus yang telah ditumis diatas.
  • Masukan sere, salam, laos, daun jeruk wangi.
  • Tuangkan santan, gula merah, vitsin kemudian tunggu hingga matang
  • Cara menyajikan iris-iris lontong letakan dalam piring, kemudian beri diatasnya taoge rebus, soun rebus, kentang goreng, ayam goreng(disuwir-suwir) dan siram dengan kuah yang sudah dibuat diatas. Jika sudah tabur dengan bawang merah goreng dan beri kerupuk udang goreng
  • Sajikan.

0 comments:

Post a Comment