Resep Memasak Sayur Lodeh Segar Nikmat

Di negeri kita tercinta ini terdapat beragam masakan legendaris yang terbuat dari sayur-sayuran, masakan seperti ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia dari segala kalangan karena disamping murah namun tentu saja juga sehat. Salah satunya adalah apa yang sering disebut-sebut sebagai masakan sayur Lodeh, yang tentu anda pernah mencicipi dan merasakan kenikmatannya, karena masakan seperti ini juga sangat umuum dihidangkan untuk keluarga dimana saja.

Sayur lodeh memiliki rasa yang gurih dengan kuah santan yang segar, tentu akan membuat lidah kita selalu bergoyang dibuatnya. Masakan ini cocok untuk dihidangkan bersama nasi bersama dengan lauk seperti ayam goreng atau juga bisa tahu dan tempe bacem, telur ceplok yang akan menambah keleazatannya.

Secara umumnya saja masakan ini terdiri dari kacang panjang, jipang(labu siam), terong dan lain-lain sesuai dengan selera masing-masing. Selain itu kuah dari hidangan segar dan nikmat ini adalah berwarna putih, namun juga ada yang berwarna kuning agak oranye yang dipengaruhi oleh bumbu yang digunakan.

Terkadang masakan sayur seperti ini juga dijajakan diwarung-warung makan tradisional, namun tentu saja lebih sering ditemui dikehidupan rumah tangga, sehingga masakan seperti ini bagi sebagian besar ibu-ibu rumah tangga sudah bisa membuatnya yang resepnya didapat secara turun-temurun. Namun apabila ada diantara anda yang belum pernah membuat masakan khas Indonesia ini dan ingin mencoba membuatnya, pada kesempatan kali ini kami juga akan berbagi tentang resep dan cara memasaknya.


Resep Sayur Lodeh
1 ikat kacang panjang, kemudian dipotong-potong
2 buah labu siam(jipang), iris persegi agak tipis
3 buah terong, kemudian diiris-iris
1 genggam daun mlinjo muda
2 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
1 liter air

Bumbu
4 bawang merah, diiris-iris
3 siung bawang putih, diiris-iris
5 biji cabe merah besar, diiris-iris
4 biji cabe hijau besar, diiris-iris
1 potong tempe busuk(tempe tua), diiris-iris
1 lembar daun salam
3 cm lengkuas
Gula jawa secukupnya, disisir
Garam secukupnya sesuai selera
Vitsin secukupnya(bila suka)

Cara Membuat atau memasak
1. Rebuslah air hingga panas kemudian masukan semua bumbu diatas dan tunggulah hingga mendidih.
2. Masukan labu siam bersama kacang panjang, dan tunggu hingga setengah empuk.
3. Jika sudah masukan terong dan daun mlinjo muda.
4. Terakhir tuangkan santan dan rebus hingga semuanya masak.
5. Angkat tuang dalam mangkuk dan sajikan.

0 comments:

Post a Comment