Cara Membuat Camilan Manisan Pepaya Kering

Pepaya(Carica papaya L.) adalah sejenis buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan segar, baik dimakan secara langsung maupun diolah lagi menjadi beragam makanan maupun minuman. Buah ini memiliki daging yang berwarna merah agak kekuningan yang memiliki bentuk seperti oval, dengan isi yang berupa butiran-butiran kecil berjumlah banyak yang berwarna hitam. Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan pohon buah ini konon kabarnya berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, hingga kemudian tersebar luas didaerah-daerah tropis lainnya.

Kata pepaya sendiri berasal dari kata "papaja" yang merupakan bahasa Belanda, namun selain dari pada itu di Indonesia sendiri juga memiliki sebutan-sebutan lain dibeberapa daerah seperti "kates" yang merupakan sebutannya bagi orang Jawa, kemudian "gedang" yang merupakan sebutannya bagi orang Sunda. Di Indonesia olahan buah tersebut juga cukup beragam dan salah satu diantaranya adalah dijadikan sebagai manisan yang mungkin anda sendiri juga tidak asing dengannya dan pernah mencicipinya.

Manisan pepaya sendiri secara umum terbagi dua yaitu kering dan basah yang masing-masing memiliki ciri khas dan cita rasa sendiri-sendiri. Namun untuk artikel ini kami akan membahas yang kering terlebih dahulu, bagi anda semua yang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah.

Sesuai dengan namanya camilan ini memiliki tekstur yang kering pada bagian luarnya, dan cocok untuk dijadikan camilan dimana saja terutama ketika siang hari. Selain itu untuk yang satu ini juga bisa dibilang paling umum jika dibandingkan dengan jenis manisan dari buah lainnya, hal ini mungkin karena juga dipengaruhi oleh melimpahnya hasil buah ini di Indonesia sehingga harganya terjangkau oleh masyarakat.

Bagi anda sendiri yang memiliki pohonnya dirumah dan sedang berbuah dan bingung untuk diolah menjadi apa, tidak ada salahnya jika mencoba untuk dibuat menjadi manisan pepaya kering. Dan jika anda tertaril berikut salah satu resep dan cara membuatnnya.


Bahan-bahan yang dibutuhkan
1KG buah pepaya(pilih yang masih mengkal)
500 gram gula pasir
Garam secukupnya
1 sdm kapur sirih yang dilarutkan pada 2 liter air(buang endapannya ambil bagian yang bening saja)

Cara Membuat
  • Kupas buah dari kulitnya, kemudian potong-potong kecil sesuai selera(jika ingin terlihat lebih bagus bisa gunakan pisau yang bergelombang untuk memotongnya)
  • Rendamlah didalam air larutan kapur sirih yang telah disiapkan kira-kira satu jam
  • Jika sudah tiriskan, kemudian cucilah hingga bersih dengan air yang bersih
  • Rebuslah dalam air mendidih kira-kira 5 menit saja, kemudian tiriskan
  • Rebuslah air 1 liter dengan gula 1 kg hingga mendidih dan gulanya larut.
  • Jika sudah masukan pepaya, dan rebus lagi kira-kira 1 jam(namun jangan terlalu lunak), kemudian tiriskan
  • Jemurlah pepaya yang sudah diolah dibawah terik sinar matahari kira-kira 3 hari hingga kering (selain itu juga bisa menggunakan bantuan alat untuk mengeringkan) 

0 comments:

Post a Comment