Cara Membuat Sirup Dari Buah Jeruk

Jika sebelumnya kami pernah membahas tentang cara membuat jus jeruk yang segar sebagai minuman pelepas dahaga alami buat kita semua, maka untuk artikel kali ini masih seputar olahan buah yang sama namun dijadikan sebagai minuman yaitu berupa sirup. Seperti kita ketahui buah yang kaya akan vitamin C ini memiliki rasa yang manis sedikit masam yang segar walaupun tanpa diolah rasanya juga sudah sangat segar. Di Indonesia sendiri buah seperti ini juga bisa dibilang sangat umum untuk dikonsumsi dan mudah untuk bisa kita dapatkan dari pasar tradisional hingga supermarket, sehingga bagi anda yang tertarik ingin mencoba membuat sirup buah jeruk sendiri akan mudah bisa mendapatkan bahan dasarnya.

Sirup sendiri adalah sejenis minuman cepat saji yang sangat mudah untuk menyajikannya yaitu hanya diberi air matang maupun es kemudian diaduk. Minuman seperti ini memang menjadi favorit masyarakat karena selain mudah untuk menyajikannya kapan saja, juga bisa disimpan dilemari es dalam kurun waktu tertentu. Selain itu jenis minuman cepat saji seperti ini juga mudah untuk bisa kita temukan dimana saja, yang sudah dikemas didalam botol dengan berbagai merk yang ditawarkan dan harga yang cukup bervariasi.

Namun mungkin ada kalanya kita juga ingin mencoba untuk membuatnya sendiri, karena selain lebih hemat, bebas bahan pengawet, mungkin juga bisa untuk dijadikan sebagai ladang usaha untuk dijual. Oleh karena itu bagi anda yang ingin membuatnya berikut adalah salah satu resep sederhana dan mudah untuk bisa dicoba dirumah.
Bahan Yang Dibutuhkan
2 KG Jeruk Mandarin dan 750 gram jeruk lemon
2 Kg Gula pasir
1 liter air bersih
1 sendok kecil Asam citrun
Pewarna kuning/orange untuk minuman-makanan secukupnya(optional bila suka)

Cara Membuat
1. Belah kedua jenis jeruk dan peras untuk diambil airnya saja, kemudian disaring
2. Rebuslah air bersama dengan sari jeruk, citrun zuur, gula pasir dan pewarna orange hingga mendidih.
3. Jika sudah angkat dan dinginkan, kemudian tuangkan kedalam botol bersih dan simpan dalam lemari es.

0 comments:

Post a Comment