Cara Membuat Dodol Mangga

Mangga(Mangifera indica) adalah salah satu jenis buah yang sangat disukai oleh masyarakat untuk dikonsumsi karena memiliki rasa yang manis dan segar. Buah seperti ini dagingnya memiliki warna oranye kekuningan yang nikmat untuk disantab langsung atau mungkin diolah lagi menjadi makanan atau minuman lain yang tentunya memiliki cita rasa dan aroma khas. Salah satunya adalah menjadikannya sebagai kue tradisional manis yaitu dodol, sehingga sesuai dengan bahan dasar dalam membuatnya sering disebut sebagai dodol mangga.

Salah satu daerah di Indonesia yang banyak ditemukan dodol seperti ini adalah daerah Indramayu Jawa Barat, karena daerah tersebut juga merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil buah yang memiliki daging oranye kukuningan tersebut. Oleh karena itu bagi anda semua yang sedang berkunjung ke daerah Indramayu maka tidak lengkap rasanya apabila anda tidak mencobanya, atau juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga anda.

Seperti pada umumnya, tentu dodol mangga juga memiliki rasa yang manis, sehingga akan selalu siap menggoyang lidah anda dan disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu jika anda sendiri adalah seorang penggemar kue yang sangat manis ini maka tentu tidak akan lengkap rasanya apabila anda tidak mencicipinya, karena seperti kita ketahui jika kue terasa agak lengket ketika digigit ini memang sangat beragam macamnya berdasarkan dari bahan dasar untuk membuatnya sehingga rasanyapun juga berbeda-beda.

Namun sayangnya tidak disemua daerah ada yang membuat dodol mangga  maupun yang menjualnya, sehingga bagi anda yang penasaran dengannya, dan disekitar tempat anda tinggal tidak ada yang menjualnya maka akan kesulitan untuk bisa mendaptkannya. Oleh karena itu tentu yang paling baik adalah mencoba membuatnya sendiri, karena sebenarnya caranya juga cukup mudah, dan jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Resep
1KG daging buah mangga
240 ml air
200 gram gula pasir
40 gram gula merah, kemudian disisir
1,5 sendok kecil bubuk agar, kemudian dilarutkan dengan 80 ml air
Garam secukupnya

Cara membuat

  1. Haluskanlah daging mangga dengan cara diblender dan dicampur air, namun jangan terlalu halus hasilnya
  2. Jika sudah campurkan dengan bahan-bahan lainnya kedalam wajan.
  3. Masaklah sambil terus diaduk hingga kering, kemudian tuangkan kedalam loyang yang telah dialasi plastik
  4. Tunggulah hingga adonan dingin dan mengeras, kemudian baru bisa dipotong-potong sesuai selera.
  5. Jika sudah bisa kemas dengan potongan plastik bersih.

0 comments:

Post a Comment