Resep Membuat Tempe Kemul Khas Wonosobo

Tempe adalah salah satu jenis makanan yang terbuat dari kedelai yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Makanan seperti ini sering diolah kembali menjadi beragam masakan, camilan, hingga kue yang tentu rasanya akan terasa sangat gurih khas tempe. Salah satunya adalah sebuah camilan gorengan dari tempe yang ada di kota Wonosobo Jawa Tengah, yaitu apa yang sering disebut-sebut sebagai Tempe Kemul yang juga menjadi salh satu kuliner khas daerah tersebut.

Jika dilihat dari namannya saja camilan gorengan ini memang terdengar sangat unik, karena kata kemul sendiri jika diartikan dari bahasa Jawa kedalam bahasa Indonesia artinya adalah selimut. Hal ini mungkin tempe tersebut memang diselimuti oleh adonan tepung sehingga disebut Tempe Kemul yang tentunya rasanya akan sangat gurih, apalagi jika disajikan ketika masih hangat dengan lalapan cabai rawit hijau segar.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan Tempe Kemul menjadi tradisi tersendiri untuk masyarakat Wonosobo, karena kuliner seperti ini sering disajikan untuk berbagai keperluan seperti pengajian, arisan, kerja bakti dan lain-lain. Selain itu camilan gorengan seperti ini juga mengingatkan kita dengan tempe mendoan yang bisa dibilang mirip, namun perbedaannya jika tempe mendoan digoreng setengah matang sehingga hasilnya agak lumer, namun Tempe Kemul digoreng matang sehingga hasilnya lebih renyah.

Bagi anda yang sedang berlibur di kota Wonosobo jangan lupa untuk mencoba kuliner khas ini, namun mungkin ada sebagian dari kita yang tidak sempat untuk berlibur ke Wonosobo karena memiliki banyak kesibukan akan tetapi penasaran dengan rasa dari Tempe Kemul seperti ini. Oleh karena itu tentu yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri, dan jika tetarik berikut adalah salah satu dari resepnya yang bisa anda coba.
Resep Tempe Kemul
Tempe, kemudian diiris-iris tipis dan melebar
250 gram tepung beras
500 ml santan dari 1 butir kelapa
6 batang daun bawang, kemudian diiris-iris

Bumbu Halus

10 siung bawang putih
2 sendok kecil ketumbar
2-3 cm kunyit
Garam secukupnya

Cara Membuat

1. Haluskan semua bumbu halus yang tersebut diatas, kemudian campurkan dengan santan, tepung beras dan daun bawang, kemudian aduklah hingga rata
2. Celupkan tempe yang sudah diiris-iris pada adonan tepung, hingga seluruh permukaan tempe tertutup adonan tepung
3. Gorenglah hingga matang, angkat dan tiriskan
4. Sajikan dengan cabai rawit

0 comments:

Post a Comment