Resep Membuat Sate Kere

Masyarakat Indonesia terutama di Jawa pasti mengenal tempe gembus, yaitu sebuah makanan tradisional yang terbuat dari ampas tahu kemudian diberi ragi dan ditutup plastik kecil-kecil dan dibiarkan semalaman. Bahan makanan seperti ini ketika masih mentah berwarna putih dan teksturnya empuk agak sedikit kenyal, dan sangat mudah untuk bisa ditemukan dipasar-pasar tradisional dengan harga yang cenderung jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tahu dan tempe. Namun tidak lepas dari itu sebagai konsumen tetap harus berhati-hati karena terkadang beredar rumor yang mengatakan ada tempe gembus yang kurang bersih sehingga bisa menyebabkan keracunan atau efek alergi.

Tempe gembus bisa dibilang makanan masyarakat menengah kebawah yang bisa diolah menjadi bermacam makanan, dan salah satunya yang menarik untuk dibahas adalah apa yang disebut-sebut sebagai Sate Kere. Jika dilihat namanya saja memang sangat unik sekali karena kata kere merupakan bahasa Jawa, yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah miskin. Hal ini mungkin karena sebagian besar jenis sate terbuat dari bahan daging, sedangkan untuk jenis sate yang satu ini terbuat dari tempe gembus yang harganya sangat murah meriah.

Kabarnya kuliner seperti ini berasal dari SOlo Jawa Tengah, yang juga cukup tersebar dibeberapa daerah lainnya, terutama daerah-daerah yang dekat dengan Solo. Seperti jenis sate lainnya Sate Kere juga disajikan dengan sambal kacang, beserta dengan lontong dan cara memasaknyapun juga sama dengan sate daging yaitu dengan cara dibakar. Namun perbedaanya pada umumnya untuk sate kere seperti ini bahan bumbunya adalah bumbu bacem yang manis.

Mungkin banyak diantara kita yang penasaran dengan rasa dari Sate Kere ini, selain namanya yang sangat unik sehingga membuat orang semakin penasaran untuk mencobanya, namun juga bisa dipastikan juga memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sate daging. Akan tetapi tidak disemua daerah makanan seperti ini bisa ditemukan, sehingga bagi anda yang penasaran harus berkunjung ke kota Solo untuk bisa mencicipinya. Namun apabila anda belum memiliki waktu untuk berlibur ke kota Solo, yang terbaik adalah mencoba membuatnya sendiri, dan apabila anda tertarik berikut adalah salah satu resepnya.
Resep Sate Kere
200 gram tempe gembus, potong kotak-kotak
50 gram gula merah, kemudian disisir
250 ml air kelapa
1/2 cm lengkuas
1 lembar daun salam
1/2 sendok kecil air asam jawa

Bumbu bacem halus :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
1 butir kemiri

Bahan pelengkap
1 bungkus Sambal kacang siap pakai, kemudian seduh dengan air panas
Tusuk sate
Lontong
Bawang merah dan cabe rawit hijau iris tipis-tipis

Cara membuat
1. Tumislah bumbu halusnya hingga harum kemudian masukan daun salam dan lengkuas, jika sudah tuangkan air kelapa, air asam, dan gula merah sisir.
2. Masukan tempe gembus yang sudah dipotong kotak-kotak, kemudian masak hingga bumbu teresap dan air menyusut.
3. Jika sudah siapkan tusuk satenya dan tancapkan tempe gembus pada tusuk sate tersebut.
4. Bakarlah diatas bara api hingga matang, jangan lupa dibolak-balik
5. Siapkan piring, taruh lontong yang sudah dipotong-potong diatas piring tersebut, kemudian taruh sate kere diatasnya, siramlah dengan sambal kacang dan taburi bawang merah dan cabe rawit yang telah didiris tipis-tipis. Sajikan

0 comments:

Post a Comment