Resep Membuat Sala Lauak

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas tradisional masing-masing yang akan menjadi kekayaan kuliner nusantara. Salah satunya adalah apa yang dinamakan dengan Sala Lauak yang mungkin bagi sebagian dari kita masih terdengar asing karena belum pernah menemuinya, bahkan mungkin juga belum pernah mendengar namanya. Makanan ini adalah kuliner khas kota Pariaman Sumatera Barat yang berupa gorengan yang terbuat dari adonan tepung dan ikan asin sehingga rasanya sangat lezat dan juga gurih.

Jika dilihat dari namanya ternyata Sala merupakan bahasa Minang yang diartikan adalah goreng, sedangkan Lauak adalah ikan. Namun dalam hal ini bukan berarti jika Sala Lauak adalah ikan goreng yang seperti kita lihat pada umumnya, akan tetapi berupa adonan tepung dan ikan asin yang kemudian dibentuk bulat-bulat kira-kira sebesar bola ping-pong kemudian digoreng.

Kue Sala Lauak selain bisa ditemukan di kota Pariaman juga bisa ditemukan di kota Padang, namun sayangnya camilan gorengan seperti sangat sulit untuk bisa ditemukan didaerah lainnya. Oleh karena itu bagi anda yang sedang berkunjung ke kota Pariaman atau Padang jangan lupa untuk mencicipi makanan khas tersebut atau juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga anda.

Namun apabila anda belum mempunyai waktu untuk berlibur, dan sangat penasaran dengan gorengan yang terbuat dari ikan asin khas Pariaman ini, yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah. Karena sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membuat camilan seperti ini, akan tetapi tetap membutuhkan ketelatenan. Apabila anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuat camilan gorengan yang bernama Sala Lauak ini.
Resep Membuat Sala Lauak
250 gram tepung beras
300 ml air panas
1/2 ekor ikan peda, goreng dan disuwir-suwir
1 helai daun kunyit, kemudian iris halus
1 batang daun bawang, kemudian iris halus
Penyedap rasa secukunya(optional)

Bumbu yang dihaluskan:
4 cabe merah
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kunyit
1 cm jahe
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan tepung beras dengan bumbu halus, beserta ikan yang disuwir-suwir, irisan daun kunyit dan daun bawang.
2. Jika sudah tuangkan air panas yang sudah dicampur penyedap rasa secukupnya dan aduk dengan sendok kayu. Jika sudah dingin bisa diuleni dengan tangan hingga kalis
3. Jika sudah ambil adonan bentuk bulat-bulat, kemudian goreng hingga kuning kecokelatan

0 comments:

Post a Comment