Resep Membuat Kue Gandasturi

Kacang hijau(Vigna radiata) adalah salah satu jenis polong-polongan yang juga sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, dan dijadikan beraneka macam kue maupun minuman yang akan menghasilkan rasa yang sangat khas. Beberapa makanan tradisional yang sering kita temui yang menggunakan bahan kacang hijau adalah dijadikan sebagai bahan isi onde-onde, isi bakpau, isi roti goreng, kemudian dijadikan sebagai bubur, minuman dingin dan sebagainya.

Namun menariknya kacang hijau juga bisa kita jadikan sebagai camilan gorengan yang rasanya enak dan sering disebut sebagai Gandasturi. Mungkin sebagian dari anda ada yang sudah pernah mencicipi gorengan seperti ini, namun mungkin juga ada yang sama sekali belum pernah mencicipinya, bahkan untuk mendengarnya saja juga belum pernah. Gorengan seperti ini dahulu memang cukup populer ditengah masyarakat yang cocok dijadikan sebagai camilan ketika sore hari atau pagi hari, namun untuk jaman sekarang menurut kami Gandasturi semakin jarang bisa kita temukan pembuatnya maupun para pedagang gorengan yang menjajakannya.

Pada umumnya camilan gorengan Gandasturi memiliki bentuk bundar agak pipih dan seperti kebanyakan gorengan lainnya warnanya kecokelatan, karena dimasak dengan cara digoreng. Selain itu pada dasarnya kue Gandasturi ini adalah adonan kacang hijau rebus dicampur gula yang dibentuk bulat pipih, kemudian celup pada adonan tepung sebagai kulit dan digoreng hingga matang.

Tidak sedikit diantara kita yang menjadi penggemar camilan gorengan, oleh karena itu tidak lengkap rasanya apabila kita tidak mencicipi nikmatnya kue Gandasturi seperti ini. Namun apabila anda kesulitan untuk bisa menemukan penjualnya, tentu yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah, dan apabila anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Bahan membuat Gandasturi
250 gram kacang hijau, kemudian rendam kira-kira 1-2 jam
750 ml air
2 lembar daun pandan
1/4 sendok kecil vanili
100 gram gula pasir
Garam secukupnya

Bahan pencelup

125 gram tepung terigu
125 gram tepung beras
1 butir telur, kemudian dikocok
250 ml santan sedang

Cara membuat
1. Rebuslah kacang hijau yang sudah direndam air sebelumnya, bersama dengan daun pandan, dan vanili, kemudian tunggu hingga kacang hijau menjadi empuk.
2. Jika sudah masukan gula pasir dan garam secukupnya, kemudian aduk agar larut dan tunggu hingga air mengering, sambil diaduk hingga kacang hijau kalis
3. Ambil 1 sendok makan adonan kacang hijau, kemudian bentuk bulat agak pipih dan sisihkan.
4. Campurkan semua bahan pencelup, kemudian aduk hingga adonan mengental
5. Celupkan adonan kacang hijau yang sudah dibentuk kedalam adonan pencelup, kemudian goreng hingga matang

0 comments:

Post a Comment