Resep Membuat Lupis Singkong

Sebagai masyarakat Indonesia pasti mengenal salah satu jenis jajanan tradisional yaitu kue Lupis yang sering dijual dipasar-pasar tradisional. Kue seperti ini secara umum terbuat dari ketan yang memiliki ciri khas ditabur dengan parutan kelapa dan saus kinca gula merah yang rasanya manis, sehingga disukai oleh masyarakat hingga kalangan anak-anak. Namun ternyata selain lupis yang terbuat dari ketan ada juga kue Lupis yang terbuat dari singkong sehingga disebut sebagai Lupis Singkong yang tidak kalah nikmatnya dengan Lupis Ketan.

Kue Lupis Singkong cara penyajiannya juga sama dengan lupis ketan yaitu ditabur dengan parutan kelapa dan disiram dengan saus kinca yang oleh masyarakat Jawa juga menyebutnya sebagai kinco atau juruh. Jika dilihat rasanya walaupun sama-sama manis karena sama-sama disiram saus kinca tersebut, namun perbedaannya untuk Lupis Singkong memiliki cita rasa khas singkong dan ketika digigit juga sedikit lebih empuk jika dibandingkan dengan kue lupis ketan.

Menurut kami kue lupis singkong agak jarang ada orang yang menjualnya bahkan dipasar-pasar tradisional, karena kebanyakn yang dijual dipasar adalah lupis ketan. Namun dalam hal tersebut kami tidak mengetahui secara pasti untuk daerah lain, apakah banyak yang menjual Lupis Singkong atau tidak. Oleh karena itu bagi anda yang belum pernah mencicipi kue Lupis Singkong seperti ini akan tetapi kesulitan untuk bisa menemukan penjualnya, tentu yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah. Karena sebenarnya juga mudah dan tidak membutuhkan bahan yang banyak, dan apabila anda tertarik berikut adalah salah satu dari resep dan cara membuatnya.
Resep Lupis Singkong
500 gram singkong, kemudian kupas bersihkan dan diparut
135 gram kelapa muda/sedang, kemudian diparut
Garam secukupnya

Saus Kinca

150 gram Gula merah
1,5 sendok makan Gula pasir
60 ml Air
Daun pandan

Taburan
Parutan kelapa muda/sedang campur sedikit garam dan daun pandan kemudian kukus sebentar, secukupnya

Cara Membuat
1. Campurkan singkong parut, kelapa parut dan garam kemudian aduk hingga merata
2. Siapkan potongan daun pisang kemudian masukan adonan sesuai selera dan bungkus.
3. Jika sudah kukuslah hingga matang
4. Campurkan semua bahan untuk membuat saus kinca kemudian rebus hingga mengental.
5. Cara penyajian, potong-potong Kue Lupis singkong kemudian taburi dengan kelapa parut dan saus kinca.

0 comments:

Post a Comment