Resep Kue Nagasari Hunkwe

Sebagai masyarakat Indonesia kita pasti pernah mencicipi sebuah kue tradisional yaitu kue Nagasari, dimana kue ini terbuat dari tepung yang pada bagian tengahnya diberi potongan pisang dan dibungkus oleh daun pisang. Seperti kita ketahui semua jika kue Nagasari ini secara umum terbuat dari tepung beras, namun selain itu ada juga kue Nagasari yang dibuat dengan bahan yang lain yaitu berupa tepung hunkwe sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Nagasari Hunkwe. Kue seperti ini sebenarnya juga bisa dibilang sudah umum dimasyarakat Indonesia, walaupun tidak sepopuler kue Nagasari biasa atau yang terbuat dari tepung beras.

Secara kasat mata kedua jenis kue Nagasari ini memang sangat mirip, karena sama-sama diberi pisang raja sebagai isinya terlebih lagi jika keduanya juga sama-sama dibungkus oleh daun pisang pasti akan terlihat tidak ada bedanya, kecuali jika diberi pewarna tambahan. Namun jika dilihat dari rasanya Nagasari Hunkwe tentu memiliki rasa yang khas hunkwe dan ketika digigit seperti terasa lebih lumer, walaupun sebenarnya kedua jenis kue Nagasari ini sama-sama lembek tekturnya.

Menurut kami kue Nagasari Hunkwe agak jarang ada orang yang menjualnya, karena sebagian besar pasti menjual nagasari biasa, akan tetapi kue seperti ini pada umumnya lebih sering dibuat ketika ada acara-acara tertentu seperti arisan, PKK, hidangan habis pengajian dan lain-lain. Selain itu seperti kue nagasari biasa untuk Nagasari yang terbuat dari tepung Hunkwe seperti ini juga sangat disukai oleh anak-anak, karena rasanya yang manis, dan teksturnya yang juga sangat lembut.  

Saya yakin sebagian besar dari kita pasti pernah mencicipi nikmatnya kue Nagasari Hunkwe, namun mungkin saja ada diantara anda yang belum pernah, sedangkan untuk mencari penjualnya mungkin juga tidak terlalu banyak. Oleh karena itu ada baiknya jika kita mencoba untuk membuatnya sendiri, dan apabila anda tertarik berikut adalah salah satu dari resep dan cara membuatnya
Resep Nagasari Hunkwe
125 gram tepung hunkwe
5 gelas belimbing santan dari 1½ butir kelapa
200 gram gula pasir
¼ sendok kecil vanili
Garam secukupnya

Bahan isi
Pisang tanduk, kemudian kukus dan potong serong

Cara Membuat
1. Campurkan tepung hunkwe dengan sebagian santan
2. Rebuslah santan yang sebagiannya lagi bersama dengan gula pasir, garam, dan vanili hingga mendidih. Jika sudah masukan tepung hunkwe yang sudah dicampur santan diatas kemudian aduklah hingga mengental
3. Siapkan potongan daun pisang kemudian masukan 1 sendok adonan tepung, kemudian letakan pisang ditengahnya dan tutup dengan adonan tepung 1 sendok lagi.
4. Jika sudah tutup bungkusnya, dan tunggu hingga dingin, kemudian sajikan.

0 comments:

Post a Comment