Gemblong Cotot-Jajanan Pasar Khas Jawa dan Resepnya

Singkong(Manihot esculenta) adalah sejenis ubi yang digemari oleh masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang enak selain itu harganya juga sangat murah. Tanaman seperti ini sangat mudah sekali tumbuh dan cara menanamnya juga sangat mudah bahkan anak kecilpun juga bisa, karena hanya dengan memotong dahannya saja kemudian ditancapkan ditanah maka tanaman ini akan tumbuh. Sehingga tidak heran jika singkong di Indonesia sangat melimpah ruah dan mudah untuk bisa ditemukan dimana saja.

Oleh masyarakat Indonesia singkong juga sering diolah menjadi beraneka macam kue tradisional yang rasanya enak dan mengenyangkan, dan salah satunya adalah yang ada di Jawa Tengah yaitu apa yang dinamakan dengan Gemblong Cotot(cothot) yang juga terbuat dari singkong. Jika dilihat dari namanya kue tradisional ini memang sangat unik karena kata cotot jika diartikan dari bahasa Jawa kedalam bahasa Indonesia artinya adalah keluar secara tiba-tiba atau muncrat. Hal ini mungkin karena bahan isi dari kue ini akan terasa keluar ketika kita mengggitnya sehingga kue ini dinamakan demikian.

Gemblong Cotot memiliki rasa yang manis karena bahan isinya adalah berupa gula pasir yang meleleh dengan sendirinya ketika kue dimasak dengan cara digoreng. Selain itu kue tradisional ini memang benar-benar bisa menunda rasa lapar karena dengan hanya memakan 4-5 buah saja seakan-akan kita merasa kenyang seperti kita memakan satu piring nasi. 

Kue Gemblong Cotot pada umumnya berbentuk seperti telur, namun ada juga yang berbentuk setengah lingkaran yang pada bagian tengahnya gemuk atau sedikit mirip dengan bentuk kue pastel. Selain itu menariknya walaupun kue ini tergolong sangat sederhana baik dari bahan, dan cara pembuatannya namun hingga sekarang kue ini masih sangat digemari oleh masyarakat Jawa terutama kalangan menengah kebawah, bahkan juga cukup mudah untuk bisa ditemukan penjualnya dipasar-pasar tradisional dengan harga yang juga sangat murah.

Mungkin ada beberapa dari anda yang penasaran dengan camilan gorengan Gemblong Cotot ini, karena mungkin kue seperti ini hanya ada di Jawa Tengah saja. Selain itu mungkin juga bagi anda yang sekarang berada diluar negeri dan merindukan Gemblong Cotot lebih tidak mungkin lagi untuk bisa menemukannya disana. Oleh karena itu apabila demikian tentu yang terbaik adalah membuatnya sendiri karena sebenarnya juga mudah, dan apabila anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Bahan Membuat Gemblong Cotot
500 gram singkong
175 gram gula pasir
garam secukupnya
Minyak goreng

Cara Membuat
1, Kupas singkong, kemudian bersihkan dan kukuslah hingga empuk dan matang
2. Jika sudah tumbuk singkong kukus tersebut hingga lembut, kemudian beri sedikit garam dan ratakan
3. Ambil adonan singkong yang sudah dihaluskan, kemudian pipihkan dan sisilah dengan gula pasir kemudian tutup hingga berbentuk telur.
4. Jika sudah gorenglah dengan api sedang hingga matang(jangan terlalu kuning)

0 comments:

Post a Comment