Resep Membuat Kue Putu Ayu Gula Merah

Putu Ayu adalah salah satu jenis kue tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang enak dan juga khas. Kue seperti ini sering disajikan oleh masayarakat untuk beragam keperluan dari acara arisan, pernikahan, pengajian dan lain-lain, yang memiliki ciri khas yaitu pada bagian permukaannya berwarna putih yang berupa parutan kelapa sehingga terlihat sangat menarik jika dilihat dari segi tampilannya.

Ciri khas lainnya adalah secara umum kue ini berbentuk seperti bunga kemudian pada bagian tengahnya berlubang, walaupun ada juga yang berbentuk bintang sesuai dengan cetakannya. Selain itu secara umum kue ini berwarna hijau dan cokelat, karena warna hijau didapat dari bahan alami atau juga bisa menggunakan pewarna makanan, namun yang warna cokelat ada yang menggunakan bahan bubuk cokelat, dan selain itu ada juga yang dihasilkan karena menggunakan bahan pemanis berupa gula merah.

Untuk artikel kali ini kami akan membahas kue Putu Ayu yang menggunakan pemanis gula merah, sehingga ada yang menyebutnya sebagai Putu Ayu gula merah. Karena menggunakan pemanis gula merah selain warnanya tentu saja rasa dari kue putu ini juga memiliki rasa yang khas, dan seperti kue putu ayu lainnya kue ini ketika digigit juga akan terasa sangat empuk yang membuat banyak orang suka dengannya.

Mungkin anda sendiri ada yang sudah pernah bahkan mungkin juga sering mencicipi kue seperti ini, namun apabila ada yang belum dan penasaran dengan rasanya, mungkin ada baiknya untuk mencoba membuatnya sendiri. Selain itu mengingat kue seperti ini lebih sering ada jika ada keperluan tertentu saja dan tidak terlalu banyak ada orang yang menjualnya. Jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuat kue Putu Ayu Gula Merah. 
Resep Kue Putu Ayu Gula Merah
350 gram tepung terigu
300 gram gula merah, kemudian disisir
6 butir butir telur
2 sendok kecil ovalet
1 sendok kecil baking powder
1/2 sendok kecil vanili bubuk
1/2 butir kelapa setengah tua, kemudian diparut
Garam secukupnya

Cara membuat

1. Campurkan gula merah, telur bersama ovalet kemudian kocoklah hingga mengembang.
2. Jika sudah masukan bahan lainnnya seperti tepung terigu, baking powder, dan vanili kemudian aduk hingga merata
3. Siapkan wadah lain kemudian campur parutan kelapa dengan garam kemudian aduk rata, dan sisihkan
4. Siapkan cetakan kue putu ayu yang sebelumnya telah dioles sedikit minyak goreng.
5. Masukan kira-kira 2 sendok kecil kelapa parut dalam cetakan, kemudian padatkan, jika sudah baru tuangkan adonan kue putu kira-kira hingga 3/4 cetakan
6. Jika sudah kukuslah hingga matang.

0 comments:

Post a Comment