Resep Membuat Kue Akar Kelapa

Jika sebelumnya kami membahas kue kering tradisional yang terbuat dari ubi jalar yaitu yang bernama kue kremes, maka untuk artikel kami kali ini masih seputar kue kering tradisional Indonesia yaitu yang sering dikenal sebagai kue Akar Kelapa. Jika anda belum pernah mencicipi kue ini atau bahkan mendengar namanya saja belum pernah tentu anda akan sangat heran dan penasaran kenapa nama dari kue ini sangat unik yaitu akar kelapa.

Mungkin ada diantara anda yang sempat terpikir apakah kue ini benar-benar terbuat dari akar kelapa?, dan jika anda penasaran jawabannya adalah tidak, karena kue ini sebenarnya terbuat dari tepung namun bentuknya saja yang bisa dibilang agak mirip dengan akar kelapa, selain itu menurut kami juga belum ada orang yang berhasil mengolah akar kelapa beneran agar bisa di makan atau dikonsumsi (jika dikemudian hari memang ada yang bisa, apa enak ya^^).

Kue kering seperti ini dahulu juga sangat sering disajikan sebagai kue lebaran, namun menurut kami kue ini dibeberapa daerah sudah mulai jarang ada yang membuatnya maupun yang menjualnya. Padahal kue ini salah satu kue tradisional Indonesia yang seharusnya tetap kita lestarikan agar tidak punah, sehingga anak cucu kita dikemaudian hari masih bisa mencicipi nikamtnya kue akar kelapa seperti ini.

Jika dilihat dari bentuknya memang unik yaitu panjang-panjang dan pada bagian luarnya seperti bergerigi, sehinga menjadi mirip dengan akar kelapa dan dinamakan demikian. Kue ini juga sangat enak untuk kita jadikan sebagai camilan ketika waktu senggang dengan ditemani segelas teh, selain itu kue ini juga cocok untuk sajian ketika ada tamu yang datang dirumah.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat sendiri kue Akar Kelapa seperti, pada kesempatan ini kami juga akan berbagi tenang resep dan cara membuatnya. Mengingat kue ini dibeberapa daerah sudah agak sulit untuk bisa ditemukan penjualnya, apbila anda tertarik silahkan baca yang dibawah ini.

Resep Kue Akar Kelapa
900 gram tepung ketan
225 gram gula pasir
6 butir telur ayam
200 gram margarin, kemudian cairkan
200 ml air

Cara membuat

1. Campurkan telur dan gula kemudian kocok hingga gulanya larut
2. Jika sudah masukan tepung ketan kemudian aduk rata, kemudian diikuti dengan margarin
3. Tuangkan air sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis.
4. Siapkan cetakan yaitu yang seperti corong dan pada bagian ujungnya berlubang berbentuk bintang/bergerigi. Jika sudah masukan adonan kedalam cetakan tersebut, kemudian tekan agar keluar dan untuk panjangnya sesuai selera anda
5. Jika sudah baru digoreng dengan api sedang hingga matang

2 comments:

  1. Setelah baca resep diatas, ada tambahan dari saya yaitu bila ada yang gak suka pakai margarin bisa diganti dengan santan kelapa. Mengenai alat cetakannya ada yang lebih canggih n keren nggak kampungan. Alatnya terbuat dari baja stinlesstel atau ada juga yang dari kuningan. Adonan ysng dudah sisp tinggal dimasukkan ke alat/cetakan dan bawa keatas wajan penggorengan lantas putar sehingga keluar adonan lsngsung ke penggorengan. Biasanya alat itu akan muat untu kue akar kelapa sekira 350 gram seksli naik. demikian tambahan say, kebetulan lagi buat juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima-kasih atas masukannya semoga juga bisa bermanfaat buat pembaca yang lain

      Delete