Resep Membuat Donat Tapai Singkong

Tapai(tape) singkong adalah salah satu jenis kue tradisional yang sangat disukai oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan harganya yang murah. Kue ini selain enak dimakan langsung namun juga bisa digunakan untuk bahan campuran dalam membuat kue hingga campuran minuman dingin. Salah satunya adalah yang cukup populer yaitu digunakan untuk campuran dalam membuat kue donat sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai kue donat tapai(tape).

Donat tape walaupun memiliki bentuk yang hampir sama dengan kue donat lainnya, namun tentu saja memiliki cita rasa yang berbeda karena dalam membuatnya dicampur dengan tape sehingga ada rasa dan aroma tape singkong dalam kue ini. Selain itu menurut kami donat tape jarang ada orang yang menjajakannya, akan tetapi lebih banyak dibuat oleh masyarakat untuk keperluan tertentu seperti hidangan ketika ada acara arisan dan lain-lain.

Kue seperti ini juga sangat nikmat jika digunakan untuk camilan keluarga anda dan rasanya juga sudah enak walaupun tidak diberi bahan pemanis sebagai taburan, karena donat seperti ini sudah memiliki aroma tape singkong sehingga bisa dikatakan lebih berasa jika dibandingkan dengan donat biasa. Namun walaupun demikian tidak ada salahnya juga jika anda membuat donat tape dengan diberi taburan gula donat atau bahan pemanis lainnya, seperti halnya donat-donat lain agar rasanya jauh lebih mantab.

Sebenarnya kreasi masakan seperti ini sudah cukup umum dikenal oleh masyarakat, namun mungkin ada diantara anda yang belum pernah mencicipi kue donat tape seperti ini, sedangkan untuk bisa menemukan penjualnya juga tergolong jarang. Sehingga tentu saja yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri, dan apabila anda tertarik berikut adalah salah satu dari resep dan cara membuatnya. 
Resep Donat Tape
125 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram tepung terigu protein sedang
100 gram tape singkong, pilih yang sudah matang kemudian haluskan
1 sendok makan susu bubuk
1/2 sendok makan ragi
30 gram margarin
25 gram gula pasir
1 butir telur ayam, ambil kuningnya
75 cc air
Gula donat untuk taburan secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan beberapa bahan seperti tepung, margarin, ragi, gula pasir kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni
2. Jika sudah kemudian masukan tape singkong yang telah dihaluskan dengan kuning telur dan aduk kembali hingga kalis, kemudian diamkan kira-kira setengah jam
3. Ambil masing-masing adonan kira-kira 15 gram kemudian bulatkan, kemudian diamkan lagi kira-kira setengah jam
4. Jika sudah goreng hingga matang, dan setelah dingin beri taburan gula donat atau gula halus.

0 comments:

Post a Comment