Resep Membuat Bakpao Ubi Ungu

Bakpao adalah salah satu kue tradisional yang disukai oleh masyarakat, karena disamping rasanya yang enak namun juga mampu mengganjal perut kita untuk menunda rasa lapar. Kue seperti ini berbentuk bundar dan mencembung pada bagian permukaanya sehingga terlihat ranum yang akan membuat kita semua dengan melihatnya saja pasti terasa ingin memakannya. Secara umum kue bakpao memiliki warna putih pada bagian kulitnya, namun dalam perkembangannya ada juga bakpao yang memiliki warna ungu yang lebih menarik jika dibandingkan dengan bakpao biasa.

Bakpao seperti ini memiliki warna ungu karena menggunakan bahan yaitu berupa ubi jalar ungu sebagai bahan campurannya, sehingga warna ungu tersebut merupakan warna alami. Selain itu karena kue bakpao ini menggunakan ubi ungu maka bakpao ini sering disebut sebagai bakpao ubi ungu. Menariknya lagi seperti kita ketahui semua jika kulit dari bakpao biasa pada umumnya rasanya agak sedikit hambar, namun untuk bakpao ubi ungu ini untuk bagian kulitnya saja terasa lebih beraroma dan lebih bercita rasa yaitu ubi ungu.

Sayangnya bakpao seperti ini jarang ada orang yang menjajakannya, karena pada umumnya para pedagang bakpao hanya menjual bakpao biasa atau yang berkulit putih saja. Padahal bakpao seperti ini rasanya juga sangat enak, selain itu untuk menemukan ubi ungu sebagai bahan campurannya juga tidak sulit untuk bisa didapatkan di pasar-pasar tradional dan harganyapun juga murah.

Oleh karena itu bagi anda yang penasaran dengan rasa dari bakpao ubi ungu seperti ini, namun kesulitan untuk bisa menemukan penjualnya, tentu saja yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik berikut adalah salah satu dari resep dan cara membuat bakpao ubi ungu tersebut.
Resep Bakpao Ubi Ungu
125 gram tepung terigu
50 gram ubi ungu kukus, kemudian haluskan
10 gram susu bubuk
20 gram gula halus
10 gram mentega putih
3/4 sendok kecil ragi instan
1/4 sendok kecil baking powder
75 ml air es
Garam secukupnya

Bahan isi
75 gram kacang tanah sangrai kemudian cincang agak halus
30 gram gula pasir
15 gram gula Merah
Minyak goreng secukupnya untuk menggumpalkan

Cara membuat
1. Campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, ubi yang telah dihaluskan, ragi instan, baking powder, susu bubuk, dan gula tepung kemudian adukla merata.
2. Jika sudah tuangkan air dinginnya sambil diuleni hingga kalis, .
3. Masukan garam dan mentega kemudian uleni lagi dan biarkan kira-kira setengah jam
4. Sambil menunggu buatlah bahan isinya, yaitu campurkan semua bahan isi kemudian aduk rata.
5. Kempiskan adonan, kemudian ambil adonan kira-kira 20-25 gram  untuk tiap bakpao, bulatkan dan diamkan kira-kira 10 menit
6. Jika sudah pipihkan adonan berilah bahan isi yang sudah dibuat dan beri alas kertas roti, kemudian diamkan lagi setengah jam.
7. Kukuslah kira-kira 10 menit.

0 comments:

Post a Comment