Cara Membuat Dodol Ubi Ungu

Dodol adalah salah satu jenis kue tradisional nusantara yang sangat terkenal karena rasanya yang manis dan juga sangat legit ketika digigit. Dodol sendiri sebenarnya juga beragam jenisnya yang ada diberbagai daerah dinusantara, selain itu juga dibedakan atas dasar dari bahan untuk membuatnya sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda. Jika sebelumnya kami pernah membahas sebuah dodol yang terbuat dari buah nanas sehingga disebut sebagai dodol nanas, maka untuk artikel kali ini adalah masih seputar kue dodol namun yang terbuat dari ubi ungu sehingga disebut sebagai Dodol Ubi Ungu.

Sepert dodol-dodol lainnya dodol ubi ungu juga memiliki rasa yang manis namun dengan cita rasa dan aroma khas dari ubi ungu, selain itu jika dilihat dari warnanya juga menarik yaitu ungu agak kehitaman. Sehingga dalam hal tersebut adalah yang menjadikan ciri khas dan daya tarik dari dodol ubi ungu, sehingga akan membuat kita terasa ingin memakannya ketika melihatnya dan selalu siap untuk bisa menggoyang lidah anda.   
 
Namun sayangnya dodol seperti ini masih kurang populer jika dibandingkan dengan jenis dodol lainnya, sehingga untuk bisa menemukan penjualnya juga sulit. Oleh karena itu bagi anda yang penasaran dengan rasa dari dodol ubi ungu seperti ini tentu yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri, karena sebenarnya bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya juga tidak terlalu banyak dan bahan-bahan tersebut juga mudah bisa ditemukan dipasar-pasar tradisional dengan harga yang terjangkau.

Selain itu sebagai jenis dodol yang cukup langka yang membuatnya, mungkin dodol seperti ini bisa kita jadikan sebagai ladang usaha karena masih minimnya persaingan, selain itu kemungkinan masyarakat juga akan penasaran dengan dodol seperti ini. Tidak perlu berpanjang lebar lagi apabila anda tertarik untuk membuatnya berikut adalah salah satu dari resep dan cara membuat dodol ubi ungu tersebut.
 

Resep Dodol Ubi Ungu
500 gram Ubi ungu, kukus kemudian dihaluskan
500 gram Tepung ketan
300 gram Gula pasir
700 gram Gula merah
250 gram Minyak sayur
1 liter Santan instant
3 liter Air

Cara membuat

1. Campurkan santan dan airnya sehingga menjadi 4 liter
2. Rebuslah gula pasir dan gula merah dengan 3 liter air santan hingga mendidih
3. Sisa santan yang 1 liter gunakan untuk melarutkan tepung ketan dan ubi ungu yang telah dihaluskan
4. Jika sudah tepung dan ubi yang sudah dilarutkan, masukan pada air santan dan gula yang mendidih diatas, kemudian aduk sampai mengental.
5. Tuangkanlah minyak sayurnya kemudian aduk lagi hingga merata
6. Siapkanlah loyang yang telah dilapisi plastik, kemudian tuangkan adonan yang sudah matang kedalamnya dan padatkan
7. Jika sudah dinginkan, kemudian potong-potong sesuai selera dan kemas dalam potongan plastik bersih

0 comments:

Post a Comment