Membuat Keripik Kulit Pangsit

Pangsit adalah salah satu jenis makanan kering yang sering kita jumpai pada bakso-bakso kuah, yang ketika digigit sangat renyah dan pada bagian tengahnya yang gemuk terdapat bahan isi yang rasanya gurih. Daya tarik dari pangsit sendiri menurut kami juga terletak pada kerenyahannya tersebut sehingga membuat banyak orang yang sangat suka padanya yang apabila kita memakan bakso pasti akan terasa kurang lengkap jika tanpa pangsit ini. Uniknya dalam perkembangannya juga ada camilan sejenis yaitu berupa keripik yang serupa dengan pangsit dan banyak yang menyebutnya sebagai keripik kulit pangsit.

Keripik pangsit seperti ini berbeda dengan pangsit biasa, karena keripik tersebut hanya diambil pada bagian yang renyahnya saja sehingga tidak memiliki bahan isi yang terlihat mengembung seperti pangsit pada umumnya. Jika dilihat dari tekturnya keripik pangsit sama seperti bagian tepi atau kulit pada pangsit biasa yaitu kering, tipis dan seperti ada gelembung-gelembung kecil pecah-pecah, dan jika dilihat dari rasanya juga sangat gurih.

Sayangnya keripik seperti ini bisa dibilang gampang-gampang susah untuk bisa menemukan penjualnya, sehingga tidak seperti pangsit biasa yang mudah untuk didapatkan pada penjual-penjual bakso. Hal ini mungkin keripik seperti ini memang tidak terlalu populer dimasyarakat, padahal rasanya bisa anda bayangkan sendiri gurih dan renyahnya, selain itu juga cocok untuk dijadikan camilan dirumah maupun hidangan untuk tamu yang sedang berkunjung kerumah anda.

Bagi anda yang sedang ingin memakan camilan seperti ini, namun kesulitan untuk bisa menemukannya, tentu yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuat keripik kulit pangsit.
Resep Keripik Kulit Pangsit
250 gram tepung terigu protein tinggi
1 butir telur 
5 sendok makan air
Garam secukupnya
Daun bawang iris halus secukupnya(optional bila suka)
Tepung tapioka secukupnya untuk taburan

Cara Membuat

1. Campurkan semua bahan diatas kecuali tepung tapioka, kemudian uleni hingga semua merata
2. Jika sudah gilinglah adonan dengan mesin penggiling hingga agak tipis, kemudian bubuhi dengan tepung tapioka dan lipatlah menjadi dua bagian
3. Berikutnya giling lagi hingga benar-benar tipis, kemudian potong keci-kecil
4. Jika sudah gorenglah hingga matang

0 comments:

Post a Comment