Resep Kue Tradisional Onde-onde Kacang Merah

Onde-onde adalah salah satu jenis kue Tradisional yang ada di Indonesia yang sudah tentu ada semua pernah mencicipinya. Kue seperti ini memiliki bentuk yang cukup unik yaitu bulat-bulat dan pada bagian permukaannya dilapisi oleh taburan wijen, sehingga hal inilah yang menjadikan sebagai ciri khasnya. Jika secara umum kue sepeti ini pada bagian dalamnya berisi adonan kacang hijau manis yang juga pernah kami bahas sebelumnya, maka untuk artikel kali ini adalah kue Onde-onde yang berisi kacang merah sehingga beberapa orang menyebutnya sebagai Onde-onde kacang merah.

Bisa dibilang kue Onde-onde dengan isi kacang merah seperti ini tergolong jarang yang membuatnya maupun yang menjajakannya, dan entah apa alasannya. Padahal seperti kita tahu jika Onde-onde yang berisi kacang hijau jauh lebih populer dan masih tetap eksis hingga sekarang ditengah masyarakat, namun menurut kami untuk onde-onde isi kacang merah sebenarnya jika dilihat dari rasanya juga tidak kalah enak dengan onde-onde kacang hijau.

Pada dasarnya kedua jenis Onde-onde ini juga hampir sama, karena bentuknya sama, dan kulitnya juga sama namun yang membedakan hanya pada bagian isinya saja. Selain itu dahulu jika ada penjual Onde-onde yang mayoritas berisi kacang hijau, namun terkadang juga memiliki pilihan lain yaitu yang berisi kacang merah agar bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika dilihat dari harganya pada umumnya para penjual juga menjualnya dengan harga yang sama, baik yang berisi kacang hijau maupun kacang merah.

Mungkin ada diantara anda yang belum pernah mencicipi kue Onde-onde isi kacang merah seperti ini, atau mungkin bagi anda yang dahulu pernah mencicipinya sekarang merindukannya dan ingin mencicipinya kembali namun kesulitan untuk bisa membelinya. Oleh karena itu bagi anda yang merasa demikian tidak ada salahnya jika kita membuatnya sendiri sebagai solusi terbaik, dan apabila anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Resep Onde-onde Kacang Merah
250 gram tepung ketan
30 gram tepung beras
100 gram gula pasir
1/4 sendok kecil vanili
300 cc air
Wijen secukupnya untuk pelapis

Bahan Untuk Isi:
400 gram kacang merah kemudian direbus
100 cc air
225 gr gula pasir
1/4 sendok kecil vanili bubuk
4 sendok makan minyak goreng

Cara membuat
1. Buatlah isinya caranya adalah, haluskan kacang merah kemudian masak bersama air dan bahan lain seperti gula pasir dan vanili bubuk(kecuali minyak goreng). Jika sudah tambahkan minyak goreng, aduk rata, kemudian angkat.
2. Buat kulitnya caranya adalah, masak air campur gula dan vanili hingga mendidih dan gulanya larut, kemudian angkat biarkan hangat-hangat kuku. Jika sudah campurkan kedua jenis tepung diatas, kemudian tuangkan larutan gula yang sudah dibuat sedikit-demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Diamkan adonan kira-kira seperempat jam terlebih dahulu
3. Ambil satu sendok makan adonan kulit, kemudian pipihkan dan berikan adonan isi pada tengahnya dan bulatkan.
4. Celupkan adonan yang telah diberi isi dan dibentuk bulat kedalam air sebentar, kemudian guling-gulingkan diatas wijen dan kepal-kepal agar wijen benar-benar menempel.
5. Jika sudah gorenglah dengan api kecil hingga matang.

0 comments:

Post a Comment