Resep Camilan Kacang Bawang Gurih

Kacang tanah(Arachis hypogaea) adalah sejenis tanaman polong-polongan yang merupakan sejenis tumbuhan tropika dan tumbuh secara perdu yang kemudian dimanfaatkan bijinya. Biji kacang tanah sendiri sangat disukai oleh masyarakat Indonesia maupun dunia, yang kemudian diolah menjadi beraneka-macam makanan yang rasanya sangat gurih dan khas kacang tanah.

Berdasarkan dari sumber Wikipedia jika kacang tanah awal mulanya berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brazillia, hingga kemudian menyebar keseluruh dunia terutama daerah yang beriklim tropis maupun subtropis. Sumber tersebut juga menyebutkan untuk di Indonesia sendiri kacang tanah mulai masuk ke Indonesia pada abad ke 17 yang dibawa oleh para pedagang dari Spanyol,Cina, serta Portugis. Hingga sekarang kacang tanah sangat mudah untuk bisa kita temukan dimana saja, karena tanaman ini dibudidayakan dan menjadi salah satu biji-bijian yang paling disukai oleh masyarakat.

Salah satu makanan hasil olahan dari kacang tanah yang paling mudah dibuat adalah apa yang sering disebut sebagai kacang bawang, yang tentu saja anda sendiri sudah pasti pernah mencicipinya. Pada dasarnya camilan kacang seperti ini adalah kacang tanah yang dikupas kulit luar maupun kulit arinya kemudian diberi bumbu bawang dan digoreng. Mungkin karena inilah camilan ini dinamakan demikian, selain itu memang terlihat sederhana cara membuatnya, namun jika dilihat dari rasanya jangan ditanya pasti akan membuat kita ketagihan dan ingin memakannya sampai habis.

Camilan kering kacang bawang sering disajikan untuk keperluan seperti arisan yang diplastik kecil-kecil, kemudian hidangan untuk tamu dan juga menjadi salah satu hidangan ketika hari raya tiba secara turun-temurun. Selain itu camilan seperti ini juga lebih sering ada penjualnya ketika diterminal-terminal bus, gedung-gedung bioskop, gedung olah-raga, stadion olah-raga dan lain-lain. 
Sebagai masyarakat Indonesia sudah tentu banyak diantara anda yang bisa dengan mudah membuat camilan kering seperti ini, namun mungkin ada diantara anda yang belum pernah membuatnya dan penasaran ingin mencobanya. Jika anda tertarik berikut adalah salh satu resep kacang bawang beserta cara membuatnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
500 gram kacang tanah tanpa kulit luar
3 siung bawang putih kemudian diparut
1 sendok kecil garam
1/2 liter santan
4 siung bawang putih, iris tipis kemudian goreng

Cara membuat
1. Rendamlah kacang tanah dengan air panas hingga air menjadi dingin
2. Jika sudah kupas kulit arinya, caranya bisa dengan menaruh kacang yang telah direndam pada cobek yang datar kemudian telapak tangan letakan diatas kacang tersebut dan putar-putar perlahan.
3. Campurkan bawang putih halus, garam dan santan, kemudian kacang rendamlah dalam santan campur bumbu tersebut kira-kira 2-3 jam hingga bumbu teresap
4. Jika sudah tiriskan, kemudian gorenglah dengan api sedang hingga matang kuning kecokelatan.
5. Campurkan dengan bawang putih goreng, dan sekarang kacang bawang anda siap untuk disajikan

0 comments:

Post a Comment