Resep Bola-bola Ubi Ungu isi Keju

Ubi ungu adalah sejenis ubi jalar yang memiliki warna yang menarik yaitu ungu yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, dan biasanya diolah menjadi beragam macam kue yang rasanya sangat khas. Salah satunya adalah kue yang sering disebut sebagai Bola-bola Ubi Ungu yang rasanya nikmat dan cocok untuk dijadikan sebagai camilan keluarga. Sesuai dengan namanya camilan seperti ini bentuk bulat-bulat kira-kira sebesar bola ping-pong, dan terbuat dari bahan dasar ubi ungu sehingga warnanya juga menarik yaitu berwarna ungu alami.

Bola-bola Ubi Ungu dimasak dengan cara digoreng dan dalam perkembangannya pada bagian isinya terkadang ada yang diberi keju sehingga rasanya akan lebih nikmat dan menggugah selera kita. Kue ini juga akan mengingatkan kita pada salah satu jenis jajanan pasar yang ada di Jawa yaitu timus, yang sama-sama terbuat dari ubi jalar dan keduanya juga sama-sama dimasak dengan cara digoreng. Perbedaanya jika timus pada umumnya berbentuk lonjong seperti telur dan tanpa isi sedangkan bola-bola ubi ungu sesuai yang kami sebut diatas memiliki bentuk bulat.

Sebagai salah satu jenis camilan gorengan, Bola-bola Ubi Ungu sangat cocok dihidangkan pada pagi hari, sore atau malam hari, terlebih lagi jika disajikan dalam keadaan masih hangat dengan segelas teh pasti rasanya akan lebih mantab. Selain itu sebagai salah satu jenis camilan yang terbuat dari ubi tentu saja Bola-bola Ubi Ungu mampu menunda rasa lapar kita, karena jika kita memakannya beberapa biji saja pasti akan membuat perut kita terasa kenyang.

Sayangnya kue ini jarang ada orang yang menjajakannya, selain itu juga masih kalah populer dengan timus yang banyak dijual dipasar-pasar tradisional. Oleh karena itu bagi anda yang belum pernah mencicipinya yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri, karena sebenarnya juga cukup mudah dan tidak membutuhkan bahan yang terlalu banyak. Jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Resep Bola-bola Ubi Ungu
500 gram ubi ungu
100 gram gula pasir
4 sdm tepung tapioka
Garam secukupnya
keju cheddar, kemudian potong dadu kecil-kecil secukupnya untuk isi

Cara membuat
1. Cuci ubi ungu kemudian kukuslah hingga matang dan empuk
2. Kupas kulit ubi kemudian haluskan
3. Jika sudah ubi ungu yang telah dihaluskan campurkan dengan gula, tepung tapioka, dan garam kemudian aduk hingga merata
4. Ambil adonan kira-kira sebesar bola ping-pong kemudian pipihkan, berilah potongan keju dan bulatkan kembali
5. Jika sudah gorenglah hingga matang dengan api sedang. Angkat dan tiriskan
6. Bisa disajikan dengan ditabur gula bubuk seperti donat(optional bila suka)

0 comments:

Post a Comment