Cara Membuat Dodol Sirsak

Sirsak(Annona muricata) adalah salah satu jenis buah yang memiliki daging berwarna putih dan berserat yang rasanya masam manis dan sangat segar. Buah seperti ini bisa dimakan langsung atau juga bisa diolah lagi menjadi minuman maupun kue yang tentunya rasanya akan memiliki cita rasa yang sangat khas buah sirsak. Salah satunya adalah diolah menjadi sebuah kue dodol yang rasanya sangat manis dan juga legit sehingga kan disukai olah banyak orang dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dodol sendiri secara umum memiliki ciri khas apabila digigit terasa sedikit lengket dan sedikit kenyal, begitu juga dengan dodol sirsak seperti ini. Buah sirsak sendiri apabila sedang dalam musimnya akan sangat melimpah ruah, namun sayangnya untuk pemanfaatnya bisa dibilang masih kurang maksimal karena masih sedikitnya jenis makanan maupun minuman yang terbuat dari buah sirsak.

Selain itu menurut kami dodol sirsak sendiri juga tergolong masih langka dan masih sedikit orang yang membuatnya, dan masih kurang populer jika dibandingkan dengan jenis dodol lainnya. Padahal dodol seperti ini tentu juga memiliki cita rasa tersendiri yang akan selalu siap untuk menggoyang lidah yang memakannya, sehingga bagi anda semua yang merasa sebagai penggemar kue dodol tentu jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi kue dodol seperti ini.

Bagi anda yang memiliki pohon sirsak sendiri dirumah, ketika musimnya tentu akan berbuah sangat banyak, dan apabila anda sendiri bingung akan diolah menjadi apa, tidak ada salahnya jika dibuat menjadi dodol. Selain itu sebagai kue dodol yang tergolong masih jarang, mungkin dodol sirsak juga bisa dijadikan sebagai salah satu lahan usaha buat kita. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik untuk mencoba membuatnya berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep Dodol Sirsak
1500 buah Sirsak, ambil dagingnya saja
100 gram tepung ketan
500 gram gula merah
225 gram gula pasir
2 gelas santan dari 1 butir kelapa

Cara Membuat
1. Daging buah sirsak campurkan dengan gula kemudian dimasak sampai mendidih
2. Larutkan tepung ketan dengan 2 gelas santan. Kemudian larutan tepung ini tuangkan kedalam adonan daging sirsak diatas
3. Masak sambil diaduk terus hingga mengental dan tidak lengket dalam wajan
4. Jika sudah angkat, tunggu hingga dingin, dan kemas dengan potongan plastik.

0 comments:

Post a Comment