Cara Membuat Dodol Nanas

Buah nanas(Ananas comosus) adalah salah satu jenis buah yang sering tumbuh didareah yang beriklim tropis, seperti negeri kita yang tercinta ini yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Buah seperti ini memiliki rasa yang masam manis sehingga juga segar untuk dimakan langsung maupun diolah menjadi beragam makanan, dan salah satunya adalah dibuat menjadi Dodol yang merupakan kue khas tradisional Indonesia yang rasanya sangat manis.

Dodol Nanas banyak bisa ditemukan didaerah Subang Jawa Barat, sehingga dodol seperti ini menjadi salah satu kuliner khas daerah tersebut, dan apabila anda sedang berlibur didaerah Subang maka Dodol Nanas bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa anda beli. Kabarnya Subang sendiri merupakan sentra daerah penghasil buah nanas terutama jenis nanas madu, sehingga bahan baku untuk membuat kue khas tradisional ini sendiri juga melimpah yang dimanfaatkan menjadi macam-macam makanan dari home industry dan salah satunya adalah Dodol Nanas ini.

Rasa dari dodol ini sendiri sangat manis dengan aroma nanas, sehingga berbeda dengan jenis-jenis dodol lainnya. Namun sayangya Dodol Nanas menurut kami agak sulit untuk bisa kita temukan didaerah lain, sehingga bagi anda yang penasaran ingin mencicipinya harus berlibur ke Subang untuk bisa membeli dan mencicipinya.

Namun tidak ada salahnya juga jika kita mencoba untuk membuatnya sendiri, karena sebenarnya cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, dan hanya membutuhkan bahan yang juga tidak terlalu banyak. Oleh karena itu bagi anda yang ingin membuatnya, berikut adalah salah satu dai resep dan cara membuat kue tradisional Dodol Nanas yang bisa anda coba.
Bahan membuat Dodol Nanas
1,5 kg Buah Nanas
75 gram Tepung ketan
225 gram Gula merah kemudian disisir
75 gram Gula pasir
Santan
Vanili secukupnya

Cara membuat

1. Kupas nanas dari kulitnya, kemudian bersihkan matanya, cuci bersih dan parut atau juga bisa diblender
2. Jika sudah buah nanas yang telah dihaluskan, campurkan dengan semua bahan lainnya dan aduklah hingga semunya rata
3. Masaklah adonan diatas hingga mengental(kira-kira 3-4jam)
4. Siapkan cetakan dan tuangkan adonan yang telah dimasak, dan tunggu hingga dingin
5. Jika sudah tinggal dipotong-potong sesuai selera, dan bungkuslah dengan potongan plastik bersih.

0 comments:

Post a Comment