Tentang Getuk Gulung dan Cara Membuatnya

Getuk(gethuk) adalah salah satu jenis kue tradisional murah meriah yang berasal dari singkong, yang sangat legendaris sepanjang masa karena dari masa ke masa tidak akan pernah habis penggemarnya. Getuk sendiri sebenarnya juga cukup beragam jenisnya dari getuk lindri yang bentuknya mirip mie, kemudian getuk trio khas kota Magelang yang terdiri dari tiga lapis warna berbeda, kemudian getuk goreng yang berasal dari Sokaraja.

Namun selain dari beberapa jenis getuk yang telah kami sebut diatas, masih ada jenis getuk lainnya yang cukup populer ditengah masyarakat yaitu apa yang disebut-sebut sebagai getuk gulung. Sesuai dengan namanya tentu saja getuk seperti ini memiliki bentuk melingkar berlapis-lapis yang dibuat dengan cara digulung, dan bisa dibilang bentuknya cukup mirip dengan bolu gulung.

Mungkin sebagian dari anda tidak begitu asing dengan kue yang berbentuk unik ini, karena getuk seperti ini pada umumnya dijajakan oleh para pedagang keliling yang kemungkinan juga sudah tersebar dibeberapa daerah. Selain itu para penjual keliling getuk gulung juga memiliki keunikan tersendiri karena ketika berkeliling dikampung-kampung, dan untuk menarik perhatian para pembeli yaitu dengan cara memutar lagu dangdut dengan speaker cukup besar berbentuk corong. 
 
Pada umumnya untuk masyarakat Jawa sudah tidak terlalu asing jika diluar rumah ada yang memutar lagu dangdut cukup keras dengan berkeliling, maka mereka bisa langsung menebak jika pemutar musik dangdut tersebut adalah pedagang getuk. Selain itu pada umumnya pedagang tersebut juga tidak hanya menjual getuk gulung saja, akan tetapi juga getuk lindri untuk menyesuaikan selera masyarakat yang bervariasi.  

Getuk gulung juga sangat disukai oleh anak-anak, karena warnanya yang menarik berwarna-warni, selain itu juga rasanya yang manis, harga yang murah dan bisa mengganjal perut kita untuk menunda rasa lapar. Tidak perlu berpanjang lebar lagi, mungkin ada diantara anda yang penasaran tentang cara membuat getuk gulung, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Bahan untuk membuat Getuk Gulung
1 Kg singkong, kupas dan bersihkan
1 sendok kecil vanila bubuk
200 gram gula pasir(jika suka manis bisa ditambahkan)
50 gram margarin
150 gram kelapa setengah tua, kemudian diparut
Garam secukupnya
Pewarna makanan secukupnya warna hijau dan merah muda

Cara membuat
1. Kukuslah singkong hingga matang
2. Campurkan kelapa parut dan garam secukupnya, kemudian dikukus
3. Jika sudah haluskan singkong yang telah dikukus, kemudian campurkan semua bahan yang disiapkan kecuali pewarna makanan.
4. Bagilah adonan menjadi 4 bagian, dan tiap 2 bagian beri warna merah muda, dan 2 bagian terakhir beri warna hijau.
5. Pipihkan tiap adonan sesuai selera
6. Jika sudah siapkan plastik, kemudian letakan 1 adonan warna merah diatas plastik tersebut, kemudian diikuti 1 adonan warna hijau tepat diatasnya. Untuk 2 adonan tersisa(merah muda dan hijau) lakukan dengan cara sama
7. Gulung adonan dan agak ditekan supaya padat, kemudin potong-potong sesuai selera.
8. Sajikan dengan ditabur dengan kelapa parut seperti pada getuk lindri.

0 comments:

Post a Comment