Resep Pepes Tahu

Pepes atau yang juga disebut sebagai pepesan, adalah salah satu masakan khas tradisional Indonesia yang pada umumnya terbuat dari ikan. Masakan ini juga memiliki ciri khas yaitu dimasak dengan cara dibakar yang sebelumnya dibungkus terlebih dahulu dengan daun pisang yang kemudian baru dibakar. Menariknya dalam perkembangannya pepesan juga bisa dibuat dengan bahan selain ikan dan salah satunya adalah yang terbuat dari tahu sehingga disebut sebagai pepesan tahu.

Pada umumnya jenis tahu yang digunakan untuk membuat pepesan seperti ini adalah tahu putih, karena bisa dibilang lebih padat jika dibandingkan dengan jenis tahu lainnya. Jika dilihat dari rasanya tentu saja seperti jenis-jenis pepesan lainnya, pepesan tahu juga memiliki rasa yang sangat gurih dengan cita rasa tahu yang dipadukan dengan bumbu-bumbu rempah lainnya.

Karena rasanya yang gurih tersebut, maka pepesan tahu juga cocok dijadikan sebagai teman makan dengan nasi putih hangat saja, atau juga bisa dengan beberapa jenis masakan lainnya. Memang pada dasarnya pepesan seperti ini masih kalah populer dengan pepesan ikan yang lebih sering dikenal orang-orang, namun yang pasti pepesan tahu tidak kalah nikmatnya dan harga dari bahan yang dibutuhkan juga terbilang lebih murah.

Bagi anda yang ingin mencicipi pepesan tahu, mungkin akan agak kesulitan untuk bisa menemukan makanan seperti ini, karena menurut kami sangat jarang ada yang menjualnya. Oleh karena itu ada baiknya jika anda membuatnya sendiri, dan apabila anda tertarik berikut adalah salah satu resep sederhana dan cara untuk membuatnya.
 Resep Pepesan Tahu
3 buah tahu putih besar
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 butir telur ayam, kocok
Cabe rawit sesuai selera kemudian diiris-iris
Daun kemangi sesuai selera
garam secukupnya

Cara membuat
1. Haluskan tahu putih kemudian sisihkan
2. Haluskan bawang merah dan bawang putih
3. Campurkan tahu halus, bumbu halus, kocokan telur, daun kemangi, cabe rawit, berserta garam dan uleni hingga merata
4. Bungkus dengan daun pisang kemudian kukus hingga matang. Jika sudah pangganglah hingga agak kering.

0 comments:

Post a Comment