Resep Membuat Gado-Gado Mantab

Ada salah satu jenis masakan tradisional Indonesia yang sangat legendaris dan juga sangat disukai oleh para vegetarian. Masakan ini adalah apa yang dinamakan dengan Gado-gado yang tentunya anda sendiri tidak asing dan sudah pernah mencicipinya. Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan dari situs Wikipedia, jika kuliner Gado-gado berasal dari Jawa, namun beberapa sumber lain juga menyebutkan jika masakan ini sudah tersebar diberbagai daerah di Nusantara dengan ciri khas masing-masing.

Gado-gado pada dasarnya adalah sebuah masakan yang terdiri dari banyak sayuran yang sehat, yang kemudian disiram dengan saus kacang tanah yang gurih manis, sehingga sangat disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Selain itu pada umumnya masakan Gado-gado juga disajikan dengan lontong sehingga juga akan membuat perut kita kenyang, dan ditambah bahan-bahan khas Indonesia lain seperti tahu dn tempe goreng maupun emping mlinjo.

Masakan yang penuh dengan macam-macam sayuran seperti ini banyak yang menjajakannya diberbagai kota, dari kelas kaki lima hingga restoran bahkan hotel berbintang dengan harga yang cukup bervariasi. Selain itu bisa dibilang masakan ini sampai kapanpun akan tetap terus hidup dan akan selalu ada penggemarnya, karena rasanya yang enak dan juga sehat, harganyapun juga murah bahkan didaerah kami rata-rata hanya Rp.5000(untuk daerah lain kami tidak tahu, karena belum pernah survei harga gado-gado diluar daerah^^).

Walaupun sangat mudah untuk bisa menemukan para penjual Gado-gado dibeberapa daerah, namun tetap ada baiknya jika kita mencoba untuk membuatnya sendiri, karena akan lebih hemat dari pada membeli dan bisa disesuaikan dengan porsi masing-masing untuk bahan-bahan yang akan disajikan. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik ingin mencoba membuat masakan Gado-gado sendiri, pada kesempatan kali ini kami juga akan berbagai mengenai resep dan cara membuatnya.
Bahan untuk membuat Gado-Gado
Bahan Sayur
Selada cuci bersih, diiris-iris
Kubis cuci bersih kemudian rebus, diiris-iris
Tomat, iris tipis-tipis
Kentang rebus, iris tipis-tipis
Wortel potong seperti korek api cuci bersih kemudian rebus
Taoge cuci bersih kemudian rebus(optional)
Mentimun, kupas kulitnya dan iris tipis

Bahan pelengkap

Telur ayam rebus, belah dua horizontal
Tempe dan tahu goreng, potong-potong
Emping Mlinjo atau kerupuk udang(bisa diremukan atau tidak sesuai selera)
Lontong, diris-iris

Bahan saus kacang
250 gram kacang tanah goreng kemudian haluskan
250 gram santan kental
3 lembar daun jeruk purut
100 gram gula merah, kemudian disisir
2 sendok makan air asam jawa
2 sendok makan kecap manis

Bumbu Halus Untuk Saus Kacang:
2 buah cabe merah tanpa biji
5 bawang merah
3 siuang bawang putih
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Buatlah saus kacang, tumis bumbu halus dan daun jeruk purut dengan sedikit minyak  hingga harum. Jika sudah tuangkan santan, gula merah sisir, garam dan air asam kemudian tunggu hingga mendidih. Jika sudah masukan kacang tanah halus kecilkan apinya dan masaklah hingga mengental.
2. Siapkan piring, berilah lontong yang dipotong-potong kemudian tatalah sayuran sesuai selera. Jika sudah berilah tahu dan tempe yang telah dipotong-potong dan telur rebus.
3. Siramlah dengan saus kacang yang sudah dibuat, kemudian beri emping mlinjo atau kerupuk dan sajikan.

1 comments: